5 Pilihan Karir Terbaik Untuk Sarjana Ekonomi | Qerja

Lima Pilihan Karier Terbaik Untuk Sarjana Ilmu Ekonomi

Eka Utami, 4 weeks ago
Lima Pilihan Karier Terbaik Untuk Sarjana Ilmu Ekonomi

Jurusan ilmu ekonomi adalah salah satu jurusan kuliah yang paling diminati oleh banyak orang. Lapangan kerja untuk sarjana ekonomi bisa bisa disebut sangat luas di berbagai lini industri.

Dengan menguasai bidang ini, kita bisa menekuni pekerjaan di bidang ekonomi atau banting setir ke sektor lain yang membutuhkan daya analisis yang kuat. Berikut pilihan adalah lima pilihan karir terbaik untuk sarjana ilmu ekonomi.

Analis Riset Pasar

Analis Riset Pasar bertugas menganalisis produk atau jasa, serta kesesuaiannya dengan tren di pasar. Hasil analisis diolah menjadi data statistik yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk melakukan strategi pemasaran. Untuk melakukan pekerjaan ini, seseorang perlu memahami dasar ilmu ekonomi, bisnis administrasi, perdagangan, hingga  pemasaran. Selain itu, seseornag juga perlu punya soft skill seperti komunikasi, berpikir logis, pemecahan masalah, dan mampu bekerja di bawah tekanan.

Berdasarkan penelusuran di situs Qerja.com, rata-rata gaji untuk posisi market research analyst sekitar Rp4 juta. Buat sarjana ekonomi yang tertarik menekuni pekerjaan ini bisa mencari lowongan di berbagai perusahaan, dari mulai yang bergerak di sektor pembiayaan hingga bidang pendidikan dan training.

Analis Kredit

Analis kredit bertanggungjawab untuk melakukan analisis ekonomi terhadap calon debitur yang mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan atau bank. Analis kredit harus teliti dalam melihat dan menilai risiko calon klien berdasarkan tren ekonomi dan faktor-faktor lain yang memengaruhi wilayah, industri, dan pesaing bisnis. Setelah selesai menganalisa, analis kredit harus merangkumnya dalam sebuah laporan, dan bisa mengambil kesimpulan besaran bunga yang sesuai dengan profil risiko debitur.

Beberapa perusahaan yang membuka lowongan kerja analis kredit di Jobs.id mencantumkan syarat latar belakang pendidikan kandidat minimal lulusan diploma semua jurusan. Gaji yang ditawarkan perusahaan mulai dari Rp 3,4 juta. Namun, bila Anda sudah punya “modal” sebagai sarjana ekonomi, tentu bisa mengajukan penawaran lebih baik. Gaji analis kredit yang lebih senior bisa mencapai Rp9 juta.

Baca Juga: Lima Pilihan Karier Untuk Sarjana Akuntansi Selain Jadi Akuntan

Analis Keuangan

Lima Pilihan Pekerjaan untuk Sarjana Ekonomi
Sumber: Pixabay

Analis keuangan melakukan analisis informasi keuangan, mulai dari profabilitas, solvabilitas, stabilitas, dan likuiditas untuk membantu perusahaan membuat keputusan. Analis keuangan juga bisa diminta untuk mempelajari kinerja saham, obligasi, dan komoditas yang akan menjadi bahan pertimbangan kliennya untuk berinvestasi. Pekerjaan tersebut perlu didukung kemampuan penilaian kuantitatif yang dipelajari di jurusan ekonomi. Sebagai bagian dari tim keuangan perusahaan, maka analis keuangan juga diharapkan memiliki soft skill untuk berkolaborasi.

Sarjana ekonomi bisa menelusuri situs Qerja.com untuk menemukan review gaji analis yang bertugas di Otoritas Jasa Keuangan. Gaji yang diberikan untuk pekerja di posisi tersebut bisa mencapai Rp 20 juta.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next