Tips Traveling Menghindari Virus Corona | Qerja

Waspada Virus Corona, Inilah Tips Traveling ke Luar Negeri

Eka Utami, 3 weeks ago
Waspada Virus Corona, Inilah Tips Traveling ke Luar Negeri

Wabah virus corona yang berawal dari China telah berstatus gawat darurat bagi masyarakat internasional. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Alasannya karena jumlah orang yang mengidap virus ini terus bertambah, dan terjadi penularan antarmanusia di luar China.

Saat ini, kasus virus corona telah ditemukan di 16 negara yaitu China, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Vietnam, Singapura, Malaysia, Nepal, Perancis, Australia, Kanada, Jerman, Taiwan, Sri Lanka, dan Kamboja. Dengan mengetahui wilayah-wilayah yang sudah terkena virus corona, maka orang yang hendak bepergian ke luar negeri harus meningkatkan kewaspadaan.

Jika Anda sudah punya rencana berkunjung ke China atau negara lain yang terbukti sudah ada penemuan kasus virus corona, berikut tips traveling ke luar negeri.

Hindari Kunjungan ke Wilayah yang Terpapar Virus Corona

Virus corona diduga bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Tempat yang diperkirakan menjadi awal munculnya virus corona adalah Pasar Huanan. Pasar ini dikenal sebagai tempat jual beli berbagai jenis hewan, termasuk satwa liar. Selain perdagangan, di pasar ini juga terdapat aktivitas pemotongan, sehingga kontak antara hewan hidup, dan binatang mati yang membawa virus corona dan manusia menjadi sangat dekat.

Jadi, untuk saat ini, Anda sebaiknya menghindari atau menunda kunjungan ke Provinsi Hubei, China. Pemerintah Indonesia juga telah mengeluarkan travel warning ke Provinsi Hubei, China sampai ada keterangan resmi dari Pemerintah China bahwa wilayah itu telah aman. Sementara itu warga Indonesia yang punya keperluan sehingga harus pergi ke kota-kota lain di China, diimbau untuk tetap waspada.

Hindari Kontak dengan Hewan Hidup di China

Para ilmuwan menduga virus corona dari hewan ke manusia. Ada yang menyebutkan bahwa virus korona adalah virus kelelawar. Sementara peneliti lainnya berpendapat virus corona diduga dari kobra China.

Maka, bila Anda berencana berkunjung ke China, sebaiknya hindari kontak dengan hewan liar apa pun.

Baca Juga: Tujuh Cara Menghindari Tertular Flu di Kantor

Hindari Kontak Fisik dengan Orang Sakit

Waspada Virus Corona, Inilah Tips Traveling ke Luar Negeri
Sumber: Pixabay

Virus corona menyerang sistem pernapasan manusia. Orang yang terjangki virus ini mengalami flu seperti hidung berair, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam. Virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat dengan ciri-ciri demam tinggi, batuk berdahak hingga berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Jika Anda traveling ke China atau negara-negara lain yang sudah ada kasus virus corona, maka hindari kontak dengan orang yang terlihat mengalami gejala tersebut di atas.

Rajin Cuci Tangan

Waspada Virus Corona, Inilah Tips Traveling ke Luar Negeri
Sumber: Pixabay

Saat traveling, Anda harus sering cuci tangan agar tetap bersih. Cuci tangan yang benar menggunakan sabun dan air selama 20 detik. Pada saat membersihkan tangan, pastikan Anda menggosok bagian telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, buku-buku jari, hingga kuku.

Jika tidak yakin akan kebersihan tangan, maka Anda harus meghindari menyentuh mata hidung dan mulut. Sebab, tangan Anda bisa saja memegang benda-benda yang sudah ditempeli virus. Selain itu, kalau bisa bawalah peralatan makan sendiri, jangan menggunakannya secara bergantian.

Dalam Kondisi Darurat, Hubungi Perwakilan Pemerintah Indonesia

Saat ini, pemerintah Indonesia baru mengeluarkan imbauan perjalanan saja, bukan travel banned. Anda dapat mengikuti perkembangan kebijakan pemerintah Indonesia tentang traveling ke China, salah satunya lewat akun Instagram @safetravel.kemlu.

Pada postingan yang diunggah pada akun Instagram tersebut, pemerintah mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi jika terjadi kondisi darurat. Nomor hotline Kedutaan Besar Republik Indonesia Beijing @kbribeijing yaitu 8610 6532 5486, dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong @kjri_hongkong di nomor 6773 0466 dan 5294 4184. Selain itu, ada juga Tombol Darurat aplikasi Safe Travel Kementerian Luar Negeri untuk menghubungi perwakilan Indonesia tersebut.

Selain tips di atas, Anda mungkin pernah mendengar saran untuk memakai masker bedah agar tidak tertular virus corona. Namun, para ahli berpendapat masker bedah tidak efektif mencegah virus corona di udara. Jika mau memakai masker, kenakan N95. Tetapi, sebenarnya tindakan efektif mencegah penularan virus corona adalah menerapkan hidup bersih dan sehat. –Qerja

Baca Juga: Tujuh Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next