Tips Untuk Memulai Diet Clean Eating Secara Benar | Qerja

Tips Untuk Memulai Diet Clean Eating Secara Benar

Eka Utami, 3 weeks ago
Tips Untuk Memulai Diet Clean Eating Secara Benar

Clean eating berarti pola makan bersih. Orang yang melakukan diet clean eating, memilih mengonsumsi makanan alami seperti sayur dan buah, gandum utuh, serta kacang-kacangan. Sementara itu, mereka menghindari makanan olahan yang mengandung pengawet dan zat aditif.

Dengan mengikuti pola clean eating, kita sudah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga tidak perlu asupan suplemen tambahan. Diet clean eating dipercaya bisa menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, meemperbaiki kualitas tidur, menyehatkan rambut dan kulit, serta baik untuk kesehatan mental.

Anda tertarik untuk mencoba clean eating? Inilah tipsnya.

Lebih Banyak Makan Buah dan Sayur

Ketika memutuskan mengikuti diet clean eating, kita tidak bisa mengubah pola makan begitu saja. Anda yang terbiasa makan nasi tak mungkin langsung berubah mengonsumsi gandum utuh setiap hari. Tapi, Anda dapat memulai dengan menambah asupan buah dan sayur dalam setiap kali makan.

Buah dan sayur adalah dua jenis makanan yang sering dimakan mentah. Anda dapat mebuat salad dari tiga jenis sayuran yang diaduk dengan minyak zaitun dan rempah. Salad tersebut bisa menjadi salah satu makanan utama. Sementara buah-buahan bisa dijadikan camilan atau pencuci mulut.

Mengonsumsi Karbohidrat Kompleks

Tips Memulai Diet Clean eating
Sumber: Pixabay

Setelah Anda terbiasa mengonsumsi sayuran setiap kali makan besar, dan memperbanyak asupan buah-buahan, kini saatnya mengganti sumber karbohidrat yang lebih baik. Jenis karbohidrat kompleks yang dianjurkan bagi pelaku diet clean eating adalah roti gandum, gandum utuh, nasi merah, dan nasi cokelat.

Karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh akan memberikan asupan nutrisi dan serat yang banyak. Kandungan serat yang tinggi juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, dengan mengonsumsi karbohidrat yang tepat, maka Anda dapat menjaga asupan kalori yang pas. Pelaku diet clean eating yang ingin menurunkan berat badan biasanya membatasi kalori hanya  di kisaran 1200-1800 kalori saja.

Baca Juga: Lima Kebiasaan Sehat untuk Kurangi Risiko Pikun

Perhatikan Nilai Gizi Setiap Makanan

Pelaku diet clean eating sebenarnya masih bisa mengonsumsi makanan yang dijual dalam kemasan seperti sayuran, kacang-kacangan, dan daging. Tetapi, Anda harus membaca label kemasan sebelum membeli produk tersebut. Pastikan makanan dalam kemasan itu tidak mengandung bahan pengawet, gula tambahan atau lemak tak sehat.

Sebagai contoh, jika Anda berniat membeli salad, maka cek kandungan yang terdapat dalam sausnya yang bisa saja mengandung bahan tambahan yang tak sehat. Sementara buat Anda yang mau camilan kacang panggang, pastikan kacang tidak dipanggang dengan minyak nabati. Alasannya karena minyak nabati diproses melalui ekstraksi kimia yang berpotensi meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan penyakit jantung. Jika demikian, Anda lebih baik membeli kacang mentah dan memanggangnya sendiri.

Batasi Asupan Gula dan Garam

Jika berkomitmen menjalankan pola clean eating, maka Anda harus membatasi konsumsi gula dan garam. Batas asupan natrium yang dianjurkan adalah 2300 mg per hari. Jadi, Anda perlu menghindari makanan olahan, makanan siap saji, dan snack dalam kemasan yang biasanya sudah diberi tambahan gula, bahan kimia, atau garam yang jumlahnya melebihi batas yang diizinkan.

Selain itu, Anda juga dapat berusaha mengurangi asupan gula dalam setiap kali makan dan minum. Jika Anda menyukai sirup biasa, ganti minuman manis itu dengan madu atau sirup maple alami. Anda juga mesti menghindari gula dalam berbagai jenis makanan termasuk saus dan bumbu-bumbu. Sebaliknya, Anda perlu belajar menikmati rasa manis asli dari buah-buahan.

Minum Air Putih yang Cukup

Tips Memulai Diet Clean eating
Sumber: Pixabay

Selain memilih makanan sehat yang alami, Anda juga harus memastikan minum air putih 2-3 liter per hari sesuai anjuran para ahli. Dengan asupan cairan yang cukup, tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik. Selain itu, Anda bisa mencapai tujuan sehat dan berat badan yang diinginkan.

Untuk memastikan asupan cairan yang cukup, bawalah tempat air minum kemana pun Anda pergi. Ketika dahaga, Anda bisa langsung membasahi kerongkongan dengan air putih dan menghindarkan diri dari minuman manis yang dijual di pinggir jalan.

Diet clean eating bisa membuat tubuh lebih sehat. Bila Anda menerapkan pola clean eating untuk mencapai tujuan berat badan ideal, sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahli gizi. Dengan demikian, Anda bisa menjalani diet yang benar. –Qerja

Baca Juga: Pilihan Cara Makan Siang Sehat di Kantor



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next