5 Cara Mengetahui Standar Gaji Di Perusahaan | Qerja

Lima Cara Mengetahui Tentang Standar Gaji Di Perusahaan

Eka Utami, 2 weeks ago
Lima Cara Mengetahui Tentang Standar Gaji Di Perusahaan

Informasi standar gaji pasaran adalah salah satu pengetahuan dasar yang perlu dimiliki seorang kandidat tenaga kerja. Dengan memiliki data dan fakta mengenai upah, calon pegawai bisa menjawab pertanyaan soal ekspektasi gaji. Pelamar kerja juga bisa mengajukan penawaran yang beralasan, serta memperhitungkan tunjangan saat negosiasi.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara mencari tahu standar gaji yang ada di pasaran sebagai bekal menghadapi wawancara kerja? Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Cari Tahu Upah Minimum Provinsi

Anda bisa mencari tahu tentang upah minimum provinsi terkini yang berlaku di lokasi tempat kerja dari berbagai sumber berita. Biasanya, upah minimum provinsi tahun ini telah ditetapkan sekitar bulan November tahun sebelumnya. Perhitungan upah minimum telah mempertimbangkan kesejahteraan pekerja. Jadi, usahakan standar gaji yang Anda ajukan pada saat negosiasi tidak di bawah upah minimum.

Pengetahuan soal upah minimum sangat berguna buat Anda yang akan ditempatkan di luar kantor pusat perusahaan. Jika perusahaan tempat kerja berpusat di Jakarta, tapi Anda akan bekerja di cabang Jawa Tengah, maka ajukan permintaan gaji berdasarkan upah minumum tertinggi di antara dua kota itu.

Cek Situs Gaji

Salah satu situs cek gaji yang bisa jadi pilihan buat mengetahui standar upah di pasaran adalah Qerja.com. Di situs berbasis komunitas ini, Anda dapat memperoleh informasi gaji berdasarkan posisi, perusahaan, industri, dan kota.

Tunggu, apakah informasi gaji saja cukup buat Anda mengajukan penawaran? Jika belum puas, Anda juga bisa mengecek menu review perusahaan. Anda dapat melihat testimoni pengalaman kerja para karyawan, budaya perusahaan hingga bocoran tunjangan. Dengan demikian, Anda bisa menimbang besaran angka yang pas saat negosiasi atau menjawab pertanyaan ekspektasi gaji.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Skema Gaji Per Jam, Seperti Apa Jadinya?

Bertanya pada Teman atau Kolega

Lima Cara Cari Tahu tentang Standar Gaji
Sumber: Pixabay

Jika punya teman yang sudah bekerja di perusahaan yang dilamar, maka Anda beruntung. Anda bisa mengajak bertemu, makan bersama sambil sharing tentang pekerjaan, budaya perusahaan, dan tentu saja standar gaji. Pastikan teman tersebut bekerja di bagian yang sama atau punya informasi upah untuk posisi yang Anda lamar di kantornya. Perusahaan punya standar gaji yang berbeda untuk beragam keahlian.

Lalu, bagaimana dengan fresh graduate yang belum punya teman pekerja? Biasanya lingkran pertemanan para lulusan baru adalah sesama pencari kerja yang belum punya pengalaman. Di titik ini, Anda akan menyadari betapa pentingnya jaringan. Jika punya kenalan alumni yang sudah bekerja di perusahaan, Anda bisa bertanya pada senior mengenai standar gaji di industri yang digeluti.

Manfaatkan Media Sosial

Lima Cara Cari Tahu tentang Standar Gaji
Sumber: Pixabay

Sumber lain yang bisa dijadikan rujukan untuk mengetahui standar gaji adalah media sosial. Anda dapat bergabung dengan forum-forum tertentu atau membuat akun media sosial profesional untuk mendapatkan informasi seputar dunia kerja.

Di forum-forum tertentu, ada saja yang membuat thread yang membahas tentang gaji di satu perusahaan. Anda bisa mengikuti komentar yang membenarkan informasi awal, menambahkan data, hingga membongkar rahasia syarat kenaikan gaji dan bonus di dalam perusahaan.

Bertanya Langsung pada Pihak Perusahaan

Informasi standar gaji yang paling akurat tentu saja berasal dari pihak perusahaan yang menawarkan pekerjaan. Mereka yang tahu besaran upah yang pantas untuk orang dengan keahlian seperti Anda dan disesuaikan dengan kemampuan perusahaan.

Anda bisa menanyakan perkara ini saat wawancara kerja. Tetapi, saat mengajukan pertanyaan, pastikan Anda sudah punya pengetahuan tentang standar gaji pasaran dari sumber lain, sehingga bisa menilai jika penawaran perusahaan terlalu rendah. Pada akhirnya, informasi dari perushaan bisa memengaruhi keputusan Anda untuk menerima pekerjaan atau tidak.

Riset standar gaji merupakan pekerjaan rumah yang mesti Anda lakukan sebelum menghadiri undangan wawancara kerja. Dengan bekal informasi ini, Anda jadi punya “amunisi” saat negosiasi. –Qerja

Baca Juga: Ajukan Lima Pertanyaan Ini saat Negosiasi Gaji



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next