5 Gaya Food Preparation Untuk Pekerja Sibuk | Qerja

Lima Gaya Food Preparation Untuk Pekerja Sibuk Seperti Anda!

Eka Utami, 2 months ago
Lima Gaya Food Preparation Untuk Pekerja Sibuk Seperti Anda!

Food preparation adalah teknik menyiapkan bahan makanan dalam jumlah besar pada satu periode. Makanan yang disiapkan bisa dikonsumsi dalam beberapa hari. Bagi pekerja sibuk, food preparation sangat bermanfaat. Dengan menyiapkan makanan  untuk beberapa hari di akhir pekan, pekerja bisa menghemat waktu dan uang, mengurangi sampah, menurunkan stres, dan lebih memperhatikan nutisi makanan.

Buat Anda yang ingin membiasakan food preparation untuk alasan kesehatan, inilah fakta: orang yang makan makanan rumahan memiliki pola makan yang lebih sehat, mengonsumsi kalori lebih sedikit dan risiko kenaikan berat badan lebih kecil. Setiap orang punya cara mempersiapkan makanan dengan gaya yang berbeda. Inilah pilihan teknik food preparation untuk pekerja sibuk.

Gaya Prasmanan

Teknik Food preparation untuk Pekerja Sibuk
Sumber: Pixabay

Gaya prasmanan cocok buat Anda yang terlalu sibuk memasak makanan dari nol setiap hari, tetapi selalu menginginkan masakan yang baru. Cara ini juga pas buat Anda yang selalu ingin variasi makanan baru. Di akhir pekan, Anda bisa memulai food preparation dengan membeli sejumlah protein, sayuran, dan rempah serbaguna, menyiangi, dan menyimpannya di dalam wadah terpisah. Setiap kali akan memasak, Anda hanya perlu mengambil bahan-bahan dan bisa langsung mengolahnya.

Hal yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan makanan dengan gaya prasmanan ini adalah saat membersihkan dan menyimpan setiap bahan. Misalnya, ikan yang harus dibersihkan isi perutnya sebelum disimpan, ayam yang dipisahkan dari jeroan, dan daging sapi yang direbus dulu sebelum masuk freezer. Sementara untuk sayuran berdaun seperti bayam dan kangkung harus dibuang akarnya. Adapun untuk brokoli dan kembang kol harus direndam dulu di air garam untuk menghilangkan pestisida yang menempel.

Menu Ganda

Pekerja sibuk memang tak punya banyak waktu memasak berkali-kali dalam sehari. Tapi, jika Anda sempat mengolah makanan sekali di pagi hari, maka buatlah dua menu dalam jumlah besar. Lalu pisahkan dua bagian makanan. Satu bagian bisa dikonsumsi pada pagi dan dijadikan bekal untuk makan siang di kantor. Sementara satu bagian lainnya dapat disimpan untuk dipanaskan kembali pada malam hari.

Sebagai variasi, Anda dapat memodifikasi makanan itu pada malam hari. Misalnya, simpanan udang goreng Anda bisa ditambahkan dengan potongan bawang dan beberapa jenis saus untuk menghasilkan menu baru.

Baca Juga: Pilihan Makanan untuk Mengatasi Stres Kerja

Gunakan Slow Cooker

Jika Anda menggunakan slow cooker, maka siapkan satu paket bahan makanan yang sudah berisi komponen protein dan sayuran, lalu simpan di freezer. Setiap kali akan makan, Anda hanya perlu memasukkannya dalam slow cooker.

Slow cooker akan memotong waktu memasak para pekerja sibuk hingga setengahnya. Jika Anda masih punya tenaga sepulang kerja, maka masukkan bahan makanan ke slow cooker agar bisa dinikmati saat sarapan pagi. Atau, Anda bisa mulai memasak di pagi hari untuk makan malam.

Bumbu untuk Variasi Masakan

Teknik Food preparation untuk Pekerja Sibuk
Sumber: Pixabay

Salah satu tahapan yang menyita waktu dalam proses memasak adalah membuat bumbu. Anda harus mengupas, menghaluskan dan menumis bumbu untuk satu jenis makanan. Tapi, dengan food preparation, para pekerja sibuk tetap bisa menikmati makanan kaya rasa setiap hari.

Ketika ada waktu luang di akhir pekan, Anda bisa membuat bumbu kuning dengan kunyit untuk soto atau bumbu merah dengan cabai buat balado. Pada saat akan memasak, Anda hanya perlu menyiapkan protein, sayur dan tambahan rempah daun sebelum mengolahnya jadi satu hidangan istimewa. Jika tahapan memotong pun terasa merepotkan, Anda bisa membeli sayuran yang sudah dibersihkan, dipotong dan siap masak di supermarket.

Makanan untuk Sepekan

Jika Anda hanya bisa masak seminggu sekali, maka buatlah lauk dalam jumlah besar yang bisa dikonsumsi dalam sepekan. Beberapa ide makanan Indonesia yang dapat Anda coba seperti rendang atau ayam ungkep. Anda hanya perlu membuatnya sekali, lalu simpan di freezer, dan panaskan setiap kali akan makan. Teknik food preparation ini sangat bermanfaat untuk pekerja sibuk.

Mungkin Anda akan merasa bosan menghadapi menu yang itu-itu saja setiap hari. Tetapi, Anda bisa mencoba variasi pada sayurannya. Anda bisa membuat sayuran kukus, rebus, atau tumisan. Mengolah sayur tidak akan memakan banyak waktu, apalagi jika Anda sudah punya menu lauk utama.

Dengan menerapkan food preparation secara konsisten, Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk sekadar jajan di luar. Makanan rumahan yang sehat adalah menu terbaik untuk Anda yang aktif dan sibuk. –Qerja

Baca Juga: Pilihan Cara Makan Siang Sehat di Kantor



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next