4 Agar Tips Bayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu | Qerja

Empat Tips Agar Bayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu

Eka Utami, 1 month ago
Empat Tips Agar Bayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu

Tagihan bulanan adalah salah satu kewajiban yang harus dilunasi tepat waktu. Dengan meluangkan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan pembayaran iuran listrik, air, internet, tv berbayar, hingga sewa rumah, maka kita bisa menikmati setiap layanan dengan optimal.

Namun, ada kalanya kesibukan harian membuat kita lupa untuk membayar semua tagihan. Bahkan, bagi sebagian orang yang kesulitan mengatur waktu dan finansial, hal ini bisa jadi tantangan tersendiri.

Saking banyaknya tagihan, terkadang, ada saja satu atau dua jenis pembayaran bulanan yang melewati tanggal jatuh tempo. Akhirnya, kita malah kena denda. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini tips membayar tagihan bulanan tepat waktu.

Sehari Bayar

Empat Tips Bayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu
Sumber: Pixabay

Pilih satu hari dalam sebulan untuk melunasi semua tagihan. Misalnya, tagihan selalu keluar setiap tanggal 5 di hari kerja, Anda bisa meluangkan waktu setiap tanggal 8 untuk membayar. Hal ini untuk menghindari kemungkinan jika tanggal 5 jatuh pada hari libur.  Jika variabel tagihan terbilang banyak dan beragam, maka set waktu pembayaran paling dekat dengan tanggal jatuh tempo tagihan terakhir.

Jika mengatur waktu terlalu mepet, kemungkinan Anda harus bolak-balik ke ATM dan loket pembayaran, atau membuka aplikasi berkali-kali karena ada satu atau dua jenis tagihan yang belum dibayarkan. Saat ada satu pengeluaran yang belum diselesaikan, Anda bisa saja melupakannya.

Gunakan Aplikasi

Saat ini, ada berbagai aplikasi, e-wallet, hingga toko online yang menyediakan layanan pembayaran tagihan bulanan. Beberapa aplikasi memiliki fitur kalendar yang bisa diatur dan memberikan notifikasi pada saat mendekati tanggal tagihan sehingga Anda bisa melunasi semuanya tepat waktu.

Untuk menikmati layanan ini, Anda harus meng-install aplikasi. Lalu, jumlahkan total tagihan bulanan, dan saat hari gajian tiba top up saldo di aplikasi sesuai dengan hasil perhitungan tersebut.

Ketika tanggal pembayaran tagihan yang Anda tentukan tiba, bayarlah semuanya melalui aplikasi. Selain sebagai pengingat, manfaat utama dari tips ini adalah untuk “mengamankan” uang Anda sebelum dipakai untuk kebutuhan tersier dan lain-lain yang sebenarnya tidak perlu.

Baca Juga: Aplikasi Pembayaran untuk Kemudahan Bertransaksi

Manfaatkan Fasilitas Kartu Kredit

Empat Tips Bayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu
Sumber; JESHOOTS.com

Jika Anda pengguna kartu kredit yang taat bayar setiap bulan, maka gunakan fasilitas semacam auto-pay untuk semua tagihan rutin. Dengan sekali pengaturan, Anda tidak perlu mengingat semua nomor tagihan, tanggal jatuh tempo, apalagi mengantre di loket untuk membayar semua pengeluaran bulanan. Kartu kredit akan menyelesaikan tagihan Anda secara otomatis dan tepat waktu. Sebagai bonus, penyedia layanan kartu kredit mungkin memberikan poin hadiah untuk setiap transaksi.

Di satu sisi, strategi ini akan menguntungkan Anda karena hanya perlu mengingat satu jenis tagihan: tagihan kartu kredit. Tapi, jika Anda menggunakan kartu kredit yang sama untuk belanja, makan di restoran, dan lain sebagainya, maka tagihan kartu kredit bulanan akan sangat besar. Jadi, pastikan arus kas bulanan Anda teratur dan cukup untuk melunasinya.

Bayar Setiap Tagihan Datang

Anda bisa menggunakan fitur di kalendar untuk membantu mengingat setiap tanggal tagihan datang dan jatuh tempo. Lalu, setiap kali bill keluar, maka segeralah bayar, kalau bisa di hari itu juga.

Dalam sebulan, Anda harus melakukan pembayaran berkali-kali. Sebenarnya, cara ini bukanlah strategi yang paling jitu untuk melunasi tagihan tepat waktu, dan tidak disarankan untuk orang yang super sibuk dan punya kebiasaan menunda pekerjaan.

Tetapi, untuk orang yang sudah biasa teratur, strategi pembayaran ini bisa dijadikan kesempatan untuk mengevaluasi pengeluaran bulanan. Setiap kali melakukan pembayaran, Anda bisa berpikir ‘Kenapa saya mengeluarkan uang sebesar ini? Apakah saya masih butuh layanan TV berbayar ini?’

Setelahnya, Anda bisa berpikir ulang untuk melakukan penghematan, melakukan pengelolaan uang lebih baik, dan menghentikan layanan yang tidak terlalu berguna.

Tagihan bulanan adalah salah satu kewajiban yang harus selalu ditunaikan. Anda bisa mempraktikkan salah satu tips di atas agar pembayaran tagihan tidak pernah terlambat. –Qerja

Baca Juga: Sebelum Bayar Iuran, Cari Tahu Dulu Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next