Gaji Di Perusahaan Startup Unicorn Indonesia | Qerja

Berapa Gaji Di Perusahaan Startup Unicorn Indonesia?

Riyan Sugandy, 1 month ago
Berapa Gaji Di Perusahaan Startup Unicorn Indonesia?

Mulai berkembangnya perusahaan-perusahaan startup di Indonesia membuat para fresh graduate mulai melirik perusahaan startup sebagai pelabuhan karir mereka. Selain faktor gengsi, gaji di perusahaan startup teknologi di Indonesia dianggap lebih baik dibandingkan dengan jenis perusahaan konvensional yang sudah ada. 

Lalu, sebenarnya berapa gaji yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan startup Unicorn dan Decacorn yang ada di Indonesia? Qerja mengumpulkan data gaji rata-rata di beberapa posisi untuk perusahaan-perusahaan tersebut. Data gaji tersebut diambil dari informasi yang diberikan oleh pengguna Qerja.. 

Tokopedia

Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison di tahun 2009. Selama hadir lebih dari 10 tahun, Tokopedia telah menjadi salah satu startup yang sangat sukses di Indonesia.  Hingga saat ini Tokopedia sudah menyandang status unicorn dengan jumlah pegawai lebih dari 3.000 orang.  

Traveloka

Traveloka awalnya hadir hanya sebagai sebuah situs untuk membandingkan harga hotel dan tiket perjalanan. Tetapi pada perkembangan selanjutnya, Traveloka menjadi perusahaan penyedia jasa booking hotel dan perjalanan. Bahkan saat ini kamu sudah bisa memesan tiket untuk event dan berbagai kegiatan melalui Traveloka Experience.  

Gojek

Satu dekade lalu, ojek bukanlah sebuah profesi yang cukup dihormati atau diminati di Indonesia. Tetapi saat ini, tidak sedikit fresh graduate atau pekerja memilih menjadi ojek online dengan menjadi mitra Gojek.

Tidak bisa dipungkiri Gojek merupakan startup yang memberikan dampak cukup besar selama beberapa tahun terakhir. Dengan jumlah pendanaan lebih dari $10 miliar, membuat Gojek berhasil menyandang status decacorn. Pendanaan tersebut digunakan Gojek untuk melebarkan ekspansi usaha di beberapa negara Asean seperti Vietnam, Filipina, Singapura dan Thailand. 

Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu marketplace yang sudah hadir di Indonesia hampir satu dekade lalu. Perusahaan ini didirikan oleh Achmad Zaky yang memiliki tujuan untuk memajukan UMKM di Indonesia. Pada proses selanjutnya, Bukalapak berhasil mendapatkan pendanaan hingga mencapai status startup Unicorn.

Walaupun sempat diterpa isu pengurangan karyawan, Bukalapak masih tetap menjalankan operasionalnya seperti biasa. Di tahun 2020 ini, Bukalapak berambisi untuk bisa menghasilkan laba pertamanya. 

Gaji Di Perusahaan Startup Unicorn

Besaran gaji yang diberikan perusahaan startup saat ini tentunya sangat berbeda bila dibandingkan 5 atau 6 tahun kebelakang. Gaji yang besar dengan berbagai fasilitas gratis menjadi senjata perusahaan startup untuk menarik minat pelamar.

Tetapi saat ini perusahaan startup mulai memberikan gaji yang lebih proporsional dan sesuai dengan industri yang ada saat ini. Sehingga bisa dibilang gaji di perusahaan startup saat ini sudah tidak jauh berbeda dengan perusahaan konvensional lainnya. 

Sebagai contoh untuk posisi Business Development dengan pengalaman diatas dua tahun, memiliki gaji sebesar 6-7 juta bulan. Sedangkan untuk pekerjaan yang bersifat entry level atau administratif berada di kisaran angka 4-5 juta. 

Posisi di bidang IT masih menjadi posisi dengan bayaran yang cukup tinggi dengan gaji minimal Rp5 juta untuk posisi Developer. Sedangkan untuk posisi Senior bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp10 juta. Besaran gaji ini hampir sama untuk setiap startup unicorn yang ada di Indonesia. 

premiumjobsArtboard 1

Jika kalian berminat untuk bekerja di startup, tidak ada salahnya untuk mengecek gajinya di Qerja.com.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next