Lima Tips Remote Working Buat Pekerja Kantoran | Qerja

Lima Tips Remote Working Buat Pekerja Kantoran

Eka Utami, 3 months ago
Lima Tips Remote Working Buat Pekerja Kantoran

Remote working adalah istilah untuk kerja jarak jauh. Pekerja tidak datang ke kantor setiap hari, tetapi bisa menyelesaikan tugas dari rumah, kafe, luar kota atau bahkan luar negeri. Untuk berkomunikasi dengan atasan atau tim dilakukan dengan mengandalkan teknologi.

Konsep remote working digaungkan seiring dengan perkembangan penyebaran virus corona akhir-akhir ini. Perusahaan yang membolehkan karyawannya bekerja dari luar kantor berusaha menghindari terbentuknya kerumunan di satu tempat sehingga diharapkan bisa menghindari penularan virus.

Mungkin, sebagian orang belum terbiasa melakukan kerja jarak jauh berhari-hari. Kalau pun pernah mendapat “keistimewaan” ini, paling-paling hanya work from home sesekali. Berikut adalah tips menjalankan  remote working untuk Anda.

Investasi Teknologi

Kunci sukses remote working yang pertama adalah komunikasi. Dan, komunikasi pada konsep kerja jarak jauh ini didukung oleh teknologi. Jadi, Anda perlu berlangganan paket internet yang lebih mahal untuk memastikan koneksi dengan atasan dan tim tanpa terputus. Anda tentu tidak mau video call itu tersendat atau terputus di tengah jalan ketika ada pembicaraan penting.

Selain itu, Anda juga bisa menyarankan agar tim menggunakan aplikasi untuk mendukung produktivitas seperti Slack. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk berkirim pesan secara real time, memantau proses kerja, berbagi berkas, dan lain sebagainya. Atau, Anda juga dapat berinvestasi pada perangkat kerja untuk diri sendiri dengan keyboard dan mouse wireless, serta headphone.

Siapkan “Ruang Kerja”

Lima Tips Remote working Buat Pemula
Sumber: Pexels

Jika Anda memilih untuk bekerja dari rumah, maka sebaiknya siapkan ruang khusus. Anda bisa mengubah salah satu kamar kosong sebagai tempat untuk membaca materi hingga menyelesaikan tugas kantor. Dengan adanya ruang dan meja kerja khusus, Anda tidak perlu membereskan berkas-berkas saat harus jeda makan siang. Selain itu, saat Anda mulai masuk ruang ini, anggota keluarga lain akan memahami kesibukkan dan tidak mengganggu.

Namun, jika penyebaran virus corona belum terlalu mengkhawatirkan, Anda masih bisa ke luar rumah dan melakukan remote working dari kafe atau perpustakaan terdekat. Pastikan tempat pilihan Anda mendukung pekerja remote dengan menyediakan jaringan internet yang kuat serta suasana yang tidak terlalu bising. Dengan bekerja dari lokasi terdekat, Anda menghindari kerumunan di stasiun kereta, tetapi tetap punya kesempatan untuk menghirup udara segar sambil berinteraksi dengan beberapa orang.

Baca Juga: Harus Meeting Jarak Jauh? Coba Pilihan Aplikasi Ini!

Buat Jadwal

Lima Tips Remote working Buat Pemula
Sumber: Pixabay

Saat menjalankan remote working, Anda memang bekerja di luar kantor tanpa pengawasan langsung atasan dan “gangguan” gosip dari rekan di sebelah meja. Namun, lawan Anda sebenarnya adalah godaan untuk menunda kerja atau kemalasan diri sendiri. Maka, Anda perlu membuat jadwal kerja pribadi, misalnya dengan menetapkan dua jam untuk menyelesaikan satu tugas diselingi dengan istirahat 15 menit.

Selain itu, Anda juga perlu mengalokasikan waktu khusus untuk mengecek semua pesan masuk dan meresponnya, serta terbuka untuk panggilan telepon atau video. Anda bisa membagikan jadwal ini pada kolega sehingga mereka tahu kapan waktu yang tepat untuk menghubungi dan mengharapkan balasan.

Siapkan Pakaian Kerja

Anda tidak bisa muncul dengan piyama saat video call dengan tim atau atasan. Jadi tetap kenakan pakaian kerja, meski Anda menjalankan remote working. Pakaian kerja itu tidak perlu setelan jas lengkap dengan dasi. Anda bisa memilih kaus berkerah atau kemeja biasa.

Dengan memakai pakaian ini, maka Anda memberi pesan pada otak untuk keluar dari “mode santai” ke “mode kerja”. Jadi, meski meja kerja berada dekat dengan tempat tidur, Anda tetap siap untuk menghadapi semua tugas yang datang dari atasan.

Nikmati Remote Working

Konsep remote working menguntungkan Anda karena bisa memangkas waktu perjalanan dari rumah ke kantor. Jadi, nikmati keistimewaan ini dengan memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan berkualitas.

Jika belum masuk waktu bekerja, Anda bisa berolahraga atau menyiapkan sarapan untuk keluarga. Selain itu, Anda juga punya lebih banyak kesempatan untuk antar-jemput anak-anak ke sekolah dan bermain bersama mereka. Dengan kelonggaran waktu tersebut, Anda bisa menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan.

Anjuran remote working kali ini merupakan reaksi dari penyebaran virus corona yang sudah masuk ke Indonesia. Mungkin konsep ini terbilang baru buat sebagian orang yang terbiasa kerja di kantor. Meski begitu, tetaplah profesional saat bekerja jarak jauh dengan menunjukkan produktivitas dan mudah dihubungi. –Qerja

Baca Juga: Lima Keuntungan Remote Working Bagi Perusahaan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next