7 Pertanyaan Sebelum Beli Asuransi Kesehatan | Qerja

7 Pertanyaan Wajib Sebelum Beli Asuransi Kesehatan

Eka Utami, 3 months ago
7 Pertanyaan Wajib Sebelum Beli Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan atau perawatan peserta asuransi jika sakit atau kecelakaan. Sebagian orang merasa perlu memiliki asuransi di luar fasilitas kesehatan kantor, sehingga bisa mendapat berbagai manfaat tambahan. Perlindungan dari asuransi ini membuat orang lebih tenang sehingga tidak perlu khawatir menghadapi pembengkakan biaya kesehatan yang mungkin terjadi di masa depan.

Namun, asuransi kesehatan yang ditawarkan begitu banyak. Satu jenis asuransi kesehatan punya aturan dan ketentuan tersendiri yang perlu dipahami. Maka, ketika berencana membeli asuransi kesehatan atau mendapat tawaran dari agen, Anda harus cermat dan memanfaatkan kesempatan dengan bertanya berbagai hal detail.

Berikut tujuh hal yang perlu ditanyakan sebelum membeli asuransi kesehatan.

Berapa premi yang harus saya bayar?

Setiap orang yang sudah memiliki penghasilan pasti mengeluarkan biaya bulanan. Mulai dari biaya makan, transportasi, tagihan listrik dan air, cicilan rumah hingga budget untuk hiburan. Selain itu, Anda juga perlu menyisihkan sebagian dana untuk tabungan dan investasi. Jadi, Anda perlu menanyakan berapa besar premi yang harus disetorkan setiap bulan untuk memastikan bahwa sisa uang sanggup untuk membayar asuransi.

Apa saja yang ditanggung asuransi?

Tujuh Hal yang Perlu Ditanyakan Sebelum Beli Asuransi Kesehatan
Sumber: Pixabay

Pihak asuransi sudah menyiapkan dokumen berisi masalah kesehatan atau penyakit yang ditanggung dan tidak ditanggung. Namun, isi dokumen asuransi biasanya menggunakan bahasa hukum. Jadi, Anda harus tetap meminta penjelasan pada agen tentang kondisi kesehatan atau penyakit dan tindakan medis yang ditanggung, jika perlu dengan memberikan contoh cerita nyata. Pastikan pertanggungan asuransi ini memberi manfaat lebih banyak dari fasilitas kesehatan dari kantor.

Apakah saya bisa menggunakan jasa dokter atau rumah sakit tertentu?

Dengan mengajukan pertanyaan ini, Anda sebenarnya meminta agen asuransi memberi tahu daftar rumah sakit, klinik, dokter, atau terapis yang termasuk ke dalam jaringan perusahaan. Semakin banyak rumah sakit rekanan, semakin baik dan mengindikasikan perusahaan asuransi yang kredibel. Hal ini bisa berpengaruh pada keputusan Anda nantinya. Bila nama dokter langganan atau rumah sakit yang sudah punya rekam medis Anda sudah ditanggung asuransi, tentu akan memudahkan.

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Karyawan dan Keluarga

Bagaimana cara mengajukan klaim asuransi kesehatan?

Selagi punya kesempatan bicara dengan agen, tanyakan cara dan tahapan klaim dengan jelas, mulai dari dokumen yang dibutuhkan, hingga batas waktu pengajuan. Pahami dua sistem pembayaran uang pertanggungan yaitu cashless dan reimbusement, dan kondisi yang menyertainya. Anda harus benar-benar mengerti semua penjelasannya sehingga tidak menambah beban pikiran dan menimbulkan masalah yang tidak nyaman jika terjadi kondisi darurat di masa mendatang.

Bagaimana jika saya sakit di luar kota?

Pada saat sakit di luar kota, kemungkinan besar Anda akan menggunakan layanan rumah sakit di luar jaringan perusahaan asuransi. Biasanya, layanan asuransi untuk klaim rumah sakit di luar jaringan menggunakan sistem reimbursement. Jadi, Anda perlu tahu dokumen apa saja yang dibutuhkan saat mengajukan reimbursement. Selain itu, tanyakan pula batas waktu pemberitahuan informasi kepada perusahaan asuriansi sebelum reimbursement.

Bagaimana jika saya terlambat bayar premi?

Kewajiban nasabah adalah membayar premi asuransi sesuai perjanjian. Namun, ada kalanya nasabah lupa menyetorkan pembayaran atau sedang dalam masalah keuangan. Maka, Anda perlu menanyakan bagaimana jika terjadi keterlambatan bayar. Biasanya perusahaan asuransi akan menangguhkan kepesertaan sehingga nasabah tidak bisa klaim atau menerapkan sanksi denda, namun jika keterlambatan sudah melewati masa yang ditentukan maka polis bisa batal.

Bagaimana perusahaan menangani perselisihan klaim?

Salah satu kejadian yang tidak diinginkan saat menjadi peserta asuransi kesehatan adalah penolakan klaim. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus tahu bagaimana cara perusahaan menyelesaikan masalah, perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perselisihan, hingga kasus yang pernah terjadi sebelumnya. Kalau bisa, Anda mencegah masalah ini dengan memahami syarat dan ketentuan dengan cermat sebelum membeli asuransi.

Sebelum menemui agen asuransi, sebaiknya Anda mencari tahu jawaban pertanyaan dari situs resmi perusahaan atau sumber lain yang terpercaya. Jika ada pertanyaan yang belum terjawab, ajukan pada agen untuk mendapat jawaban yang jelas. Pastikan Anda memahami segala hal mengenai asuransi kesehatan sebelum menandatangani dokumen. –Qerja

Baca Juga: Pahami Lima Hal Ini Sebelum Beli Asuransi Unit Link



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next