5 Tips Memulai Olahraga Di Rumah Dengan Mudah | Qerja

Lima Tips Memulai Olahraga Di Rumah Dengan Mudah

Eka Utami, 1 month ago
Lima Tips Memulai Olahraga Di Rumah Dengan Mudah

Olahraga dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Kita bisa push up di lantai atau bertumpu pada dinding, sit up, squats, plank, hingga melakukan gerakan naik-turun kursi.

Bahkan kita bisa menyulap ruang keluarga menjadi “studio aerobik” sementara dengan arahan instruktur dari video. Dengan begitu, kita tetap bisa berlatih dan menjaga kebugaran tubuh.

Sebenarnya, olahraga di rumah itu mudah dan murah. Tapi, ada saja halangan yang membuat kita susah untuk memulainya. Misalnya, telepon masuk, anak-anak yang mengajak bermain, keinginan untuk membersihkan rumah dan memasak, dan sebagainya. Oleh karena itu, berikut kami bagikan tips olahraga di rumah.

Buat Jadwal Latihan

Lima Tips Olahraga di Rumah
Sumber: Pixabay

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai olahraga di rumah adalah membuat jadwal. Pilihlah waktu di mana Anda tidak terlalu sibuk, dan bisa menunda pekerjaan lain. Jika ada rutinitas baru, Anda bisa membuat penyesuaian jadwal.

Hari-hari pertama memulai olahraga di rumah mungkin memang terasa berat. Tetapi, jika Anda konsisten mengikuti jadwal selama beberapa waktu, maka aktivitas ini akan menjadi kebiasaan.

Tantangan Baru

Memang, Anda tidak punya alat olahraga yang mahal, yang bisa membuat termotivasi. Maka, Anda perlu mencari tantangan baru yang akan membangkitkan semangat untuk melakukan olahraga di rumah.

Anda bisa cek metode latihan baru yang dipopulerkan para pegiat olahraga di majalah atau internet. Anda bisa pelajari cara-cara untuk melakukannya dan mengaplikasikannya pada sesi olahraga di rumah.

Baca Juga: Tujuh Pilihan Olahraga Malam untuk Pekerja Sibuk

Tentukan Target

Lima Tips Olahraga di Rumah
Sumber: Pixabay

Tujuan yang jelas akan membuat Anda lebih bersemangat untuk melakukan olahraga di rumah. Misalnya, Anda memasang target menurunkan berat badan 10 kilogram. Buatlah target yang realistis dan dapat dicapai. Jika berhasil mencapai tujuan tersebut, Anda bisa memberikan hadiah kecil untuk diri sendiri.

Untuk melacak setiap kemajuan, Anda bisa mencatatnya di jurnal. Tuliskan terobosan yang Anda capai, atau hal yang menjadi penghalang. Contoh catatan yang bisa Anda masukkan ke dalam jurnal misalnya, keberhasilan menurunkan 1 kilogram berat badan hari ini, atau jenis sarapan sehat yang membuat latihan pagi terasa lebih baik.

Ajak Teman

Dengan mengundang seseorang untuk olahraga di rumah bersama-sama, maka Anda tidak punya alasan untuk menunda latihan. Teman yang Anda ajak bisa saja tetangga sebelah rumah yang punya visi yang sama, sahabat sejak zaman kuliah dulu, atau pasangan dan anak-anak.

Teman sehat akan membuat Anda lebih termotivasi untuk menjalankan olahraga. Apalagi jika rekan yang Anda ajak adalah pribadi yang penuh semangat dan selalu berusaha untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Maka, Anda akan berusaha untuk menyamakan “prestasi” yang telah ia capai atau bahkan mengalahkannya. Bahkan Anda bisa menjadikan sesi olahraga ini menjadi permainan yang menarik.

Olahraga Terintegrasi

Sebagian orang mengubah salah satu ruang di rumahnya sebagai tempat khusus olahraga. Dengan begitu, ia akan fokus dalam menjalankan latihan. Ketika sudah masuk ruang, maka pikiran dan tubuhnya sudah siap berolahraga.

Tetapi, jika Anda tidak terlalu suka dengan kekakuan jadwal dan ruang khusus, maka buatlah aktivitas olahraga di rumah sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari. Misalnya, saat Anda perlu menjemur pakaian di lantai atas, maka gerakan naik turun tangga bisa jadi salah satu olahraga juga.

Jadi, kalau Anda tidak punya waktu untuk pergi ke gym, atau sedang menghindari kerumunan karena khawatir penyebaran virus corona, maka olahraga di rumah saja. Dengan berolahraga, Anda akan menjaga tubuh tetap sehat, daya tahan tubuh meningkat, dan terhindar dari penyakit. –Qerja

Baca Juga: Tips dan Trik Berolahraga di Tempat Kerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next