5 Tips Menghindari Gangguan Saat Work From Home | Qerja

Lima Tips Menghindari Gangguan Saat Work From Home

Eka Utami, 3 weeks ago
Lima Tips Menghindari Gangguan Saat Work From Home

Kebijakan work from home telah diterapkan berbagai perusahaan seiring dengan penyebaran virus corona di Indonesia. Ada perusahaan langsung meminta seluruh karyawannya agar tidak perlu ke kantor selama dua pekan.

Sementara yang lainnya membagi karyawan dalam dua kelompok untuk masuk kantor secara bergantian sehingga menghindari terbentuknya kerumunan yang lebih besar. Ada pula yang menerapkan aturan kerja dari rumah hanya pada karyawan yang merasa sakit saja.

Namun, di sisi lain, bekerja dari rumah tentunya memiliki tantangan  tersendiri. Mulai dari godaan menunda kerja dari dalam diri sendiri, hingga ajakan bermain anak-anak.

Apalagi, sekolah-sekolah juga menerapkan kebijakan belajar di rumah bagi para siswa. Oleh karena itu, Anda perlu merancang strategi untuk terhindar dari berbagai gangguan saat bekerja dari rumah. Begini tipsnya.

Cari Tahu Hal yang Bakal Mengganggu

Sebelum melakukan tindakan, Anda harus tahu hal-hal yang akan mengganggu pekerjaan saat berada di rumah. Misalnya, Anda tidak bisa fokus kerja jika dapur masih berantakan. Atau, pikiran Anda akan selalu melayang pada pakaian kotor yang menumpuk saat mencoba berkonsentrasi pada tugas-tugas kantor.

Trik menghindari gangguan tersebut adalah dengan membuat daftar pekerjaan dan tugas rumah tangga yang harus diselesaikan dalam sehari. Mulai dari mencuci baju hingga laporan yang mendekati deadline. Jika telah menyelesaikan urusan laundry, maka Anda tidak perlu mencemaskan hal lain ketika sudah masuk ruang kerja.

Beri Tahu Jadwal pada Anggota Keluarga

Lima Trik Menghindari Gangguan saat Kerja dari Rumah
Sumber: Pixabay

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu gangguan saat bekerja dari rumah adalah anak-anak. Mereka merasa punya kesempatan mengajak orangtuanya bermain dan melakukan aktivitas bersama. Namun, dengan penjelasan yang tepat, anak-anak pasti memahami kalau orangtua mereka tidak sedang liburan.

Caranya dengan menempel jadwal yang telah Anda buat di depan ruang kerja atau di pintu lemari es. Dengan trik ini, maka anggota keluarga dapat melihat dan mengetahui masa-masa di mana Anda tidak boleh diganggu dan waktu luang.

Baca Juga: Lima Tips Remote Working Buat Pekerja Kantoran

Memainkan Musik

Sebagian orang merasa bisa meningkatkan fokus kerja dengan mendengarkan musik. Biasanya, pekerjaan yang bersifat repetitif yang cocok ditemani musik. Trik musik latar akan membuat Anda bisa konsentrasi pada tugas-tugas, dan mengabaikan hal-hal lain yang menjadi gangguan pekerjaan.

Selain tipe pekerjaannya, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis musik latar yang pas. Ada musik yang bisa Anda dengarkan untuk meningkatkan mood sebelum bekerja. Misalnya, musik klasik untuk membantu ber konsentrasi, musik epik yang membangkitkan semangat, musik video game untuk mendorong kemampuan pemecahan masalah, hingga suara alam yang menenangkan. Anda juga bisa mencoba aplikasi musik berbasis kecerdasan buatan yang memang dirancang agar pendengarnya dapat fokus bekerja dari rumah.

Setting Ponsel

Lima Trik Menghindari Gangguan saat Kerja dari Rumah
Sumber: Pixabay

Banyak orang yang tidak kuat menahan godaan mengecek ponsel di tengah pekerjaan. Apakah itu notifikasi Facebook, thread Twitter yang menarik, hingga gambar-gambar yang memanjakan mata di Instagram. Sekali saja Anda membuka ponsel di sela jam kerja, maka tak terasa dua puluh menit telah berlalu hanya untuk hal yang sia-sia. Lebih parahnya lagi, tidak ada atasan yang mengawasi langsung saat Anda bekerja dari rumah.

Maka, Anda perlu melakukan setting ponsel sebelum bekerja. Cari tahu cara yang paling cocok buat Anda. Triknya adalah dengan mematikan ponsel sama sekali saat mengerjakan tugas. Atau, Anda hanya cukup mengatur ponsel dalam mode getar.

Mengunci Diri di Ruang Kerja

Meski mendapat kesempatan bekerja dari rumah, sebaiknya Anda tidak menyelesaikan tugas-tugas kantor di sofa di depan TV atau di meja makan. Hal itu justru akan membuat Anda terganggu dengan anggota keluarga lain, keinginan menonton dengan alasan “rehat sejenak”, atau hasrat ngemil sambil bekerja yang justru akan membuat keyboard laptop berminyak.

Jika tidak ingin mendapat gangguan saat bekerja dari rumah, Anda bisa mengunci diri di ruang kerja. Kalau Anda belum punya kamar khusus, pilihlah satu ruangan yang dijadikan sebagai tempat bekerja. Bila kamar itu jarang dipakai, maka Anda bisa mengubah penataan sehingga suasananya terasa seperti di kantor.

Anda perlu memikirkan hal ini sebelum mulai bekerja dari rumah selama dua pekan hingga sebulan ke depan. Dengan trik menghindari gangguan, Anda bisa bekerja dengan lebih fokus dan tetap menjaga produktivitas. –Qerja

Baca Juga: Tidak Selalu Menyenangkan! Ini Lima Mitos Bekerja Dari Rumah



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next