6 Hal Untuk Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja di Luar Kota | Qerja

6 Hal Untuk Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja di Luar Kota

Qerja, 4 years ago
6 Hal Untuk Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja di Luar Kota

Setelah menjalani serangkaian wawancara dan tes, akhirnya Anda ditawari pekerjaan… tapi di cabang perusahaan di luar kota. Apa saja hal-hal yang Anda perlu Anda pertimbangkan sebelum menerima tawaran yang mengharuskan Anda untuk pindah?

1. Apakah Perusahaan Akan Membiayai Transisi Anda?
Pastikan tawaran penempatan di luar kota ini disertai dengan kompensasi yang memadai, baik dari segi gaji maupun benefit lainnya seperti asuransi jiwa dan kesehatan. Cari tahu juga kebijakan perusahaan mengenai kelebihan tambahan untuk pegawai yang bersedia ditempatkan di luar kota, semisal penyediaan tempat tinggal, tiket pulang, dan transportasi.

2. Bagaimana dengan Keluarga Anda?
Diskusikan hal ini dengan anggota keluarga, terlebih jika Anda telah berkeluarga. Perpindahan Anda bukan hanya berarti sebuah langkah besar untuk karier Anda, tapi juga untuk hidup Anda dan orang-orang terdekat. Jika Anda punya koneksi, teman, atau anggota keluarga di kota tujuan, ini saat yang baik untuk mengabari mereka. Siapa tahu mereka dapat membantu meringankan kerepotan perpindahan ini.

3. Bagaimana Kehidupan Baru di Sana?
Lakukan riset terlebih dulu mengenai kota yang dituju, seputar biaya hidup sehari-hari, lingkungan tempat tinggal, hingga budaya masyarakat setempat. Jika Anda membawa serta seluruh keluarga Anda, di mana mereka akan tinggal, bersekolah, dan bekerja di kota baru tersebut.

qc-jkt-2019

4. Bagaimana Dengan Masa Depan Anda di Perusahaan Ini?
Cari tahu jangka waktu relokasi Anda: apakah ada kemungkinan penempatan ini bersifat hanya bersifat sementara dan jika Anda memutuskan untuk pindah, apakah semua ‘ketidaknyamanan’ ini sepadan dengan kesempatan yang akan Anda peroleh jika dipertimbangkan dari segi perjalanan karier Anda?

5. Bagaimana Dengan Kondisi dan Masa Depan Perusahaan Ini?
Selayaknya tawaran kerja lain, Anda tetap perlu memastikan bahwa perusahaan tersebut cukup besar dan kokoh untuk menjamin stabilitas posisi Anda dalam jangka panjang. Jangan sampai selang beberapa saat setelah memindahkan seluruh kehidupan Anda ke tempat baru, Anda malah jadi pengangguran di sana.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next