9 Tips Berbelanja Saat Wabah Virus Corona | Qerja

Sembilan Tips Berbelanja Saat Wabah Virus Corona

Eka Utami, 2 months ago
Sembilan Tips Berbelanja Saat Wabah Virus Corona

Wabah virus corona membuat orang mengisolasi diri secara mandiri di rumah dan menerapkan social distancing. Namun, kita tidak bisa benar-benar berada di rumah selama dua pekan –atau lebih-. Ada kalanya kita harus tetap pergi ke luar untuk membeli bahan makanan dan kebutuhan lainnya.

Berbelanja di tengah situasi wabah virus corona seperti ini memang perlu dipertimbangkan dengan matang. Kita harus memersiapkan diri sebelum melangkahkan kaki ke luar. Alasannya karena kita mungkin akan terjebak dalam kerumunan atau berdekatan dengan orang lain dengan jarak di bawah satu meter. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan penyebaran virus.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut tips berbelanja saat wabah virus corona.

Cuci Tangan

Salah satu cara menangkal penyebaran virus corona adalah menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. Maka, Anda harus sering mencuci tangan setiap kali ada kesempatan.

Sebelum berangkat ke luar rumah, Anda perlu meluangkan waktu untuk mencuci tangan. Kalau perlu, Anda bisa mengenakan sarung tangan dan masker saat berbelanja. Lalu, setelah kembali dari toko, Anda juga harus mencuci tangan kembali sebelum menyentuh bagian tubuh yang lain, angota keluarga, dan barang-barang di rumah.

Pilih Waktu dan Toko yang Sepi

Untuk menghindari kerumunan, Anda perlu memilih waktu di mana toko sedang tidak terlalu ramai pengunjung. Mungkin Anda bisa pergi berbelanja pagi-pagi sekali saat toko baru buka. Atau, berbelanja siang hari ketika orang lain sedang sibuk kerja dari rumah.

Selain itu, Anda juga dapat memilih toko lain yang tidak terlalu populer. Tetapi pastikan toko tersebut menyediakan barang-barang yang Anda butuhkan.

Buat Daftar Belanja

Sembilan Tips Berbelanja Saat Wabah Virus Corona
Sumber: Pixabay

Selama masa darurat corona, Anda lebih baik tinggal di rumah saja. Namun, aktivitas berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tetap harus dilakukan. Maka, sebisa mungkin Anda membeli semua bahan makanan dan keperluan lainnya dalam sekali jalan. Sehingga Anda tidak perlu keluar rumah lagi dalam beberapa hari ke depan.

Oleh karena itu, Anda harus membuat daftar lengkap sebelum pergi berbelanja. Pastikan Anda menulis semua jenis sayur, bahan protein, dan bumbu berdasarkan rencana menu dalam beberapa hari. Jangan lupa cek keperluan kamar mandi dan cuci yang sudah habis, lalu tuliskan dalam catatan. Saat membuat daftar belanja, Anda juga bisa membuat rencana perjalanan ke toko-toko yang mesti dikunjungi.

Jangan Borong!

Ketika kasus corona pertama di Indonesia diumumkan, terjadi fenomena panic buying. Banyak orang memborong bahan kebutuhan pokok, masker dan hand sanitizer untuk persediaan di rumah serta menangkal virus corona.

Namun, Anda tidak perlu terpancing dan mengikuti tren tersebut karena bisa merugikan orang lain. Pemerintah sudah menjamin bahan kebutuhan pokok tetap tersedia. Anda hanya perlu memenuhi kebutuhan rumah tangga secukupnya, sesuai dengan daftar belanja yang telah dibuat sebelumnya.

Baca Juga: Lima Tips Memulai Olahraga Di Rumah Dengan Mudah

Membawa Tas Belanja Sendiri

Panic buying akibat wabah virus corona telah menyebabkan beberapa toko kehabisan kantong pembungkus. Maka, Anda perlu membawa tas belanja sendiri ketika berbelanja.

Dengan membawa tas belanja sendiri, maka proses belanja akan lebih cepat karena kasir tidak perlu mencari kantong baru. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi penggunaan plastik yang tidak ramah lingkungan.

Membeli Bahan Makanan yang Awet

Sembilan Tips Berbelanja Saat Wabah Virus Corona
Sumber: Pixabay

Salah satu tujuan Anda belanja ke supermarket atau pasar basah adalah untuk membeli bahan makanan segar. Namun, bahan segar hanya cukup untuk masak dalam beberapa hari ke depan. Itu pun kalau Anda bisa menyimpannya dengan baik.

Selain bahan makanan segar, Anda juga perlu melengkapi daftar belanja dengan bahan makanan kalengan atau frozen food yang awet. Anda tidak perlu mengonsumsinya setiap hari. Tapi, bahan makanan ini bisa menjadi penyelamat saat stok makanan sudah habis dan Anda belum bisa ke luar rumah lagi untuk berbelanja.

Jangan Sentuh Semua Produk

Pada masa wabah corona seperti ini, Anda sebaiknya tidak memegang semua produk yang ada di display. Kita tidak tahu berapa banyak orang yang sudah menyentuh produk itu. Bayangkan betapa banyak kuman dan bakteri yang menempel di kemasanya.

Jadi, ketika Anda sudah memilih satu produk, perhatikan lekat-lekat dari mulai kondisi kemasan hingga tanggal kedaluwarsa. Setelah memutuskan, ambil satu jenis produk lalu langsung taruh di keranjang atau troli.

Jaga Jarak

Selama berbelanja, Anda harus tetap menjaga jarak dengan pengunjung toko yang lain dan juga kasir. Idealnya, Anda tetap berdiri sejauh 1,5 meter dari orang lain.

Namun, dalam situasi tertentu, Anda bisa saja melanggar batasan ini. Misalnya, ketika harus membantu orang lain yang kesulitan mengambil produk di rak display yang tinggi, atau saat harus melakukan pembayaran.

Gunakan Pembayaran Non-tunai

Uang tunai bisa jadi menjadi media penyebaran virus. Baik uang kertas yang dibayarkan kepada kasir, maupun uang kembalian yang kita dapat.

Maka, jika memungkinkan manfaatkan sistem pembayaran non-tunai untuk berbelanja. Hal ini untuk meminimalisir potensi penyebaran virus karena kartu debit dan kredit tidak disentuh oleh banyak orang.

Dengan tips belanja ini, semoga Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan tetap terhindar dari paparan virus corona. Jika memiliki keleluasaan waktu dan kendaraan yang besar untuk membawa banyak barang, Anda bisa menawarkan jasa penitipan pada tetangga yang juga butuh belanja. Selain membantu orang lain, Anda juga mengurangi potensi terbentuknya kerumunan yang lebih besar. –Qerja

Baca Juga: Waspada Virus Corona, Inilah Tips Traveling ke Luar Negeri



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next