Tiga Keuntungan Program Kartu Prakerja | Qerja

Tiga Keuntungan Program Kartu Prakerja

Eka Utami, 4 weeks ago
Tiga Keuntungan Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja telah bergulir sejak pertengahan April 2020. Bantuan biaya pelatihan bagi para pencari kerja ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Buktinya, pendaftar Kartu Prakerja sudah mencapai 8,6 juta orang pada akhir April.

Antusiasme masyarakat mengikuti program Kartu Prakerja didorong oleh ekspektasi publik yang tinggi terhadap berbagai manfaat yang dijanjikan pemerintah. Jika Anda belum tertarik untuk mendaftar, mari simak dulu beberapa keuntungan yang bisa didapatkan penerima Kartu Prakerja.

Bantuan Biaya Pelatihan

Tiga Keuntungan Program Kartu Prakerja
Sumber: Pixabay

Penerima Kartu Prakerja akan menerima manfaat Program Kartu Prakerja 2020 sebesar Rp 3.550.000. Dari sejumlah dana tersebut, terdapat uang pelatihan sebesar Rp 1.000.000. Bantuan ini tidak dapat dicairkan, dan hanya bisa dipakai untuk mengikuti pelatihan yang tersedia di  mitra digital platform Kartu Prakerja. Pelatihan pertama harus dimulai dalam waktu 30 hari sejak peserta menerima saldo Kartu Prakerja.

Berbekal uang pelatihan tersebut, peserta bisa mendapat keuntungan mengikuti berbagai pelatihan sesuai minatnya. Harga yang ditawarkan di berbagai digital platform dimulai dari puluhan ribu rupiah untuk pelatihan satuan hingga paket pelatihan yang disesuaikan dengan saldo maksimum senilai Rp 1.000.000. Selain itu, peserta juga bisa memperoleh sertifikat yang dapat memperkaya CV untuk melamar kerja kelak.

Jika mengintip ke dalam salah satu digital platform Kartu Prakerja, Skill Academy, maka kita bisa melihat peserta Kartu Prakerja mendapat keuntungan berupa diskon harga hingga 80 persen. Peserta Kartu Prakerja hanya perlu membayar Rp 100-200 ribu untuk pelatihan yang seharusnya dibanderol dengan harga Rp 800-900 ribu.

Baca Juga: 4 Hal yang Penting Diketahui Pencari Kerja Pemula

Insentif Pasca Pelatihan

Keuntungan Kartu Prakerja berikutnya yang diharapkan para peserta adalah insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 selama empat bulan. Dana tersebut akan ditransfer ke rekening BNI atau e-wallet GoPay, OVO, dan LinkAja. Pencairan insentif membutuhkan waktu selama lima hari setelah peserta menyelesaikan pelatihan dan memberi nilai dan ulasan kepada lembaga pelatihan.

Insentif pasca pelatihan bisa dicairkan dan digunakan sesuai kebutuhan peserta Kartu Prakerja. Saat ini, sebagian besar peserta Kartu Prakerja gelombang pertama yang telah menyelesaikan pelatihan tengah menanti pencairan dana Rp 600 ribu yang dijanjikan.

Sejumlah penerima kartu Prakerja yang terdampak wabah covid-19 mengaku berencana menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, uang ini juga dapat digunakan sebagai biaya selama mencari kerja seperti pembelian kuota internet, hingga modal usaha.

Insentif Survei Kebekerjaan

Di penghujung program Kartu Prakerja, peserta juga akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei. Nantinya, peserta diminta mengikuti survei sebanyak tiga kali. Sehingga, total insentif survei kebekerjaan yang akan didapatkan sebesar Rp 150.000.

Bagi peserta, insentif ini bisa berarti keuntungan tambahan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari atau modal usaha. Syarat untuk mendapatkannya pun tidak sulit, hanya mengisi survei saja.

Sementara, bagi pemerintah, hasil survei terhadap status kebekerjaan peserta dan evaluasi program bisa berarti besar. Pemerintah bisa mengukur tingkat keberhasilan Kartu Prakerja dan dapat memperbaiki pelaksanaan program di masa mendatang.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan Kartu Prakerja, semoga Anda semakin yakin untuk mengikuti program pemerintah ini. Siapkan diri Anda untuk mendaftar pada gelombang selanjutnya. Semoga sukses! –Qerja

Baca Juga: Lima Cara Mengasah Skill Teknologi Untuk Pencari Kerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next