Enam Pelatihan Prakerja yang Paling Diminati | Qerja

Enam Pelatihan Prakerja yang Paling Diminati

Eka Utami, 2 months ago
Enam Pelatihan Prakerja yang Paling Diminati

Peserta Kartu Prakerja gelombang pertama dan kedua telah mengikuti berbagai pelatihan yang tersedia di delapan platform digital. Mereka memilih jenis pelatihan yang sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Ternyata, dari 2.000 jenis pelatihan yang ditawarkan, ada beberapa pelatihan terpopuler. Berikut lima pelatihan yang paling diminati di kalangan peserta Kartu Prakerja.

Kelas Bahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris adalah salah satu modal untuk bersaing di pasar kerja dewasa ini. Dengan keahlian tersebut, seorang kandidat bisa membuka peluang kerja lebih besar, membangun jejaring lebih luas, hingga mendapat menghasilan lebih banyak. Sebagian besar peserta Kartu Prakerja juga berpendapat bahwa keterampilan ini sangat penting. Buktinya, kelas Bahasa Inggris untuk grammar dan TOEFL menjadi pelatihan yang paling diminati.

Di platform Skill Academy, Anda bisa menemukan kelas Bahasa Inggris dengan rating 4,8 dari 5 bintang, berjudul “Mudah Pahami Grammar TOEFL”. Para peserta mengaku memahami penjelasan dari Ali Fikrie, guru TOEFL dan penulis buku TOP Master TOEFL: Pursue Your Highest Grammar Score. Anda hanya perlu membayar Rp 356 ribu untuk mendapat paket pelatihan yang terdiri dari 58 materi dalam durasi 8 jam 20 menit.

Pelatihan Administrasi dan Sekretaris

Staf administrasi dan sekretaris adalah tenaga kerja yang mendukung semua pekerjaan di kantor. Peluang kerja di bidang ini sangat luas karena semua perusahaan pasti membutuhkannya. Para peserta Kartu Prakerja melihat bahwa keahlian di bidang ini penting untuk mendapatkan pekerjaan. Saat pandemi sudah berakhir dan perusahaan mulai membuka lowongan lagi, maka mereka sudah siap.

Jika mencari pelatihan di platform Tokopedia, maka Anda akan menemukan salah satu kelas prakerja yang populer yaitu “Membuat Dokumen Perkantoran Menggunakan Microsoft Word” dari Binus Center. Di kelas ini, Anda akan mempelajari pembuatan surat, dokumentasi perkantoran, merging dan labelling, hingga database sederhana. Selain itu, Anda juga bisa menemukan pelatihan lain terkait bidang ini, seperti “Belajar Menggunakan Microsoft Excel” di Bukalapak.

Pelatihan Barista

Enam Pelatihan Prakerja yang Paling Diminati
Sumber: Pixabay

Sebelum wabah Covid 19 melanda dunia, coffee shop menjamur dimana-mana. Kafe-kafe menjadi tempat favorit masyarakat untuk sekadar menyeruput minuman dari biji kopi pilihan, berkumpul dengan teman, hingga bekerja. Bahkan, ketika ada anjuran pembatasan jarak sosial, bisnis ini tetap berdenyut dengan memanfaatkan penjualan kopi literan. Para peserta Kartu Prakerja melihat peluang kerja di usaha kafe untuk saat ini dan di masa depan, sehingga perlu membekali diri dengan pelatihan barista.

Anda bisa menemukan kelas “Ciptakan Kopi Nikmat dengan Menjadi Barista Di rumah” seharga Rp 500 ribu di Pintaria. Pelatihan ini menawarkan ilmu pengenalan kopi, tips memilih biji kopi, hingga menghitung modal untuk secangkir kopi. Dari 3013 ulasan yang tertulis di platform digital tersebut, sebagian besar bernada positif. Peserta mengaku puas, mendapat manfaat, dan bahkan terdorong membuka warung kopi sendiri saat insentif pasca pelatihan sudah cair.

Baca Juga: Tiga Keuntungan Program Kartu Prakerja

Pelatihan Online Shop

Munculnya berbagai situs marketplace di Indonesia mengubah cara belanja masyarakat. Kini, banyak orang yang lebih nyaman membeli kebutuhan dari online shop ketimbang mengunjungi toko sebenarnya. Pada masa pandemi, para peserta Kartu Prakerja melirik bisnis online shop bisa menjadi peluang untuk mendapat penghasilan.

Hal ini terbukti dari rekomendasi kursus populer yang tersedia di di Pijar Mahir,  di mana Anda akan menemukan berbagai pelatihan bertema kewirausahaan. Judul pelatihan yang ada di halaman muka seperti “Berjualan dan Jadi Top Seller Shopee” dan “Berjualan dan Jadi Top Seller Lazada”. Meski judul pelatihan hampir sama, namun materi disusun spesifik sesuai dengan marketplace-nya. Selain itu, ada pula pelatihan tentang “Editing Foto (snapseed) untuk Jualan Online.

Pelatihan Content Creator

Enam Pelatihan Prakerja yang Paling Diminati
Sumber: Pixabay

Seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat bisa menggunakan media sosial dan platform digital untuk mendapat informasi, menikmati hiburan, hingga sarana edukasi. Sebagian orang melihat fenomena ini sebagai satu kemudahan untuk mendapatkan asupan bacaan atau tontonan, namun ada pula yang mencoba menjadi  content creator untuk meraup keuntungan. Pada masa pandemi seperti ini, sepertinya para peserta Kartu Prakerja berharap bisa menyalurkan kreativitas dari rumah dan mendapatkan penghasilan sebagai content creator.

Salah satu pelatihan terkait content creator yang bisa dipilih oleh peserta Prakerja berjudul  “Langkah Menjadi Youtuber Profesional Bersama Gita Savitri” yang tersedia di platform Skill Academy. Pelatihan seharga Rp 490 ribu ini didiskon sebesar 82 persen, sehingga peserta hanya perlu membayar Rp 99 ribu saja, dan menghemat bantuan pelatihan lebih banyak. Para peserta yang telah mengikuti pelatihan ini mengaku mudah memahami materi dan merasa terinspirasi. Maka tak heran jika rating pelatihan ini mencapai 4,9 dari 5 bintang.

Teknik Melamar Pekerjaan

Peserta Kartu Prakerja yang kehilangan pekerjaan karena terdampak wabah Covid-19, kini tengah mempersiapkan diri untuk bersaing kembali di pasar kerja. Salah satunya dengan mengasah keterampilan dalam melamar pekerjaan. Hal ini bisa terlihat dari minat pada pelatihan terkait melamar kerja yang cukup tinggi.

Pada halaman muka Kartu Prakerja di Bukalapak.com, Anda bisa menemukan beberapa pelatihan terkait tema tersebut. Salah satu pelatihan berjudul “Cepat Cakap Inggris Khusus Job Interview” yang dibanderol dengan harga Rp 600 ribu. Sementara itu, ada pula pelatihan “Teknik Membuat CV Keren” seharga Rp 200 ribu.

Dari daftar pelatihan prakerja yang paling diminati peserta ini, kita dapat melihat gambaran beberapa jenis bisnis yang bertahan di tengah terjangan badai Covid-19. Dengan bekal pelatihan tersebut, para peserta Kartu Prakerja diharapkan bisa mendapat keahlian dan membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan. –Qerja

Baca Juga: Hard Skill vs Soft Skill, Lebih Penting Mana?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next