Enam Tips Memilih Pelatihan Prakerja | Qerja

Enam Tips Memilih Pelatihan Prakerja

Eka Utami, 2 months ago
Enam Tips Memilih Pelatihan Prakerja

Setiap peserta Kartu Prakerja mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Dana bantuan ini harus dimanfaatkan dengan bijak.

Buat Anda yang sudah mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja, sebaiknya memperhatikan cara memilih pelatihan sebelum dana bantuan turun dan siap digunakan. Tips ini telah disampaikan pada akun Instagram resmi Kartu Prakerja. Berikut ulasannya.

Baca Deskripsi Pelatihan dengan Teliti

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memilih pelatihan adalah membaca deskripsi kelas yang ditawarkan dengan teliti. Perhatikan konten, silabus, durasi, dan persyaratan dari tiap pelatihan. Anda juga akan menemukan penjelasan singkat tentang pelatihan, keterangan tutor dan latar belakangnya, hingga tema materi yang disiapkan. Beberapa platform mitra Kartu Prakerja juga memberikan keterangan mengenai tipe peserta yang disasar.

Tapi, jangan berhenti pada satu pelatihan saja. Anda juga perlu melirik kursus yang serupa di platform lain. Kemudian, Anda bisa membandingkan satu kelas dan kelas lainnya untuk sebelum menetapkan pilihan.

Bandingkan Harga

Untuk mendapatkan harga pelatihan terbaik, Anda sebaiknya melakukan riset sederhana. Kalau perlu, Anda bisa menelusuri semua platform digital yang bekerjasama dengan Kartu Prakerja untuk membandingkan beberapa pelatihan sejenis. Dengan begitu, Anda bisa memilih pelatihan terbaik dengan harga reasonable.

Selain membandingkan satu pelatihan di berbagai platform digital, Anda juga dapat menimbang untuk mengambil kelas satuan atau paket pelatihan. Bila Anda ingin mempelajari berbagai jenis keahlian, maka bisa memilih pelatihan satuan. Namun, jika Anda mau mengasah dan memperdalam satu keterampilan tertentu, bisa mengambil paket yang biasanya dihargai Rp 1 juta sesuai saldo maksimal Kartu Prakerja. Bisa jadi, paket yang Anda beli sudah mencakup semua pelatihan yang dibutuhkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Periksa Ulasan dan Rating

Tips Memilih Pelatihan Prakerja
Sumber: Pixabay

Sebelum memilih satu pelatihan prakerja, Anda juga perlu mengecek rating dan ulasan yang disampaikan pengguna lain. Kalau bisa, pelatihan yang akan Anda ikuti mendapatkan rating tinggi, mendekati lima bintang. Namun, jangan puas dengan rating saja, Anda juga harus melihat seberapa banyak peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut dan meninggalkan testimoninya. Rating tinggi tidak berarti besar apabila jumlah peserta pelatihan dan orang yang pemberi ulasan hanya sedikit.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next