Lima Keuntungan Kemampuan Bahasa Inggris untuk Karier | Qerja

Lima Keuntungan Kemampuan Bahasa Inggris untuk Karier

Eka Utami, 2 months ago
Lima Keuntungan Kemampuan Bahasa Inggris untuk Karier

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh negara di dunia. Dengan kemampuan Bahasa Inggris, kita bisa berkomunikasi dengan orang asing lebih mudah.

Keahlian berbahasa asing juga bisa membantu kita dalam pekerjaan. Mulai dari membuka peluang kerja, mengangkat kepercayaan diri saat interview, hingga membantu pengembangan karier di kemudian hari. Maka tak heran jika pelatihan Bahasa Inggris menjadi salah satu yang paling diminati dalam program Kartu Prakerja.

Berikut beberapa keuntungan kemampuan berbahasa Inggris untuk karier Anda.

Membuka Peluang Kerja Lebih Luas

Lima Keuntungan Kemampuan Bahasa Inggris untuk Pengembangan Karier
Sumber: Pixabay

Dengan kemampuan Bahasa Inggris, Anda bisa melamar pekerjaan di perusahaan nasional atau internasional. Sertifikat TOEFL yang menjadi syarat lulus kuliah dulu juga bisa dilampirkan dalam berkas melamar kerja untuk berbagai perusahaan atau instansi pemerintah. Namun,upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris tidak hanya berlaku bagi pencari kerja atau fresh graduate saja. Pekerja yang sedang terjebak dalam karier di perusahaan juga bisa berusaha meningkatkan skill Bahasa Inggris sebagai bekal untuk melompat ke tempat kerja yang lebih menjanjikan.

Bahkan, kemampuan bahasa Inggris bisa mendatangkan rezeki tambahan dari pekerjaan sampingan. Sebagai contoh, Anda bisa saja menjadi penerjemah di sela kesibukan kantor.

Meningkatkan Daya Tawar

Kita semua tahu bahwa usaha untuk menguasai bahasa asing di luar bahasa ibu itu tidak mudah. Maka, Anda dapat memanfaatkan kelebihan ini dengan meminta bayaran lebih tinggi saat negosiasi gaji.

Perusahaan juga memahami nilai tambah dari kandidat yang memiliki keahlian berbahasa Inggris. Mereka akan berpikir dan menimbang lagi untuk mengajukan tawaran yang lebih reasonable pada kandidat bertalenta seperti Anda.

Baca Juga: Mau Belajar Bahasa Asing Pakai Ponsel? Coba Lima Aplikasi Ini!

Kesempatan Pertumbuhan Karier

Karyawan yang memiliki keahlian berbahasa asing akan menjadi andalan perusahaan. Salah satunya saat dibutuhkan untuk dinas ke luar negeri, hingga membuka kerja sama bisnis baru dengan klien dari negara lain.

Jika Anda berhasil menjalankan tugas-tugas dari kantor tersebut, maka bukan tidak mungkin akan mendapat promosi. Karier Anda akan tumbuh melebihi rekan kerja lain yang tidak memiliki kemampuan berbahasa asing.

Memperluas Jaringan

Lima Keuntungan Kemampuan Bahasa Inggris untuk Pengembangan Karier
Sumber: Pixabay

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keahlian berbahasa Inggris bisa memudahkan kita dalam berkomunikasi. Jika Anda bisa bicara dalam Bahasa Inggris fasih dengan orang asing yang baru dikenal dalam sebuah acara networking, maka lawan bicara akan merasa lebih dekat. Anda juga bisa mengobrol dan membahas banyak hal.

Kesan positif pada pertemuan pertama akan membawa Anda pada kesuksesan berikutnya. Bisa jadi, kolega yang baru Anda kenal tersebut adalah calon klien perusahaan di masa depan. Atau, ia mungkin saja menawarkan peluang kerja lebih baik di saat Anda membutuhkannya.

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Jika bisa berbahasa Inggris, maka Anda dapat belajar dari banyak sumber dan dokumen. Pengetahuan baru itu bisa diaplikasikan dalam pekerjaan. Atasan juga akan lebih menghargai anak buah yang mau terus belajar dan berkembang.

Dengan memiliki wawasan yang luas, maka Anda akan bisa mengerjakan tugas kantor lebih baik, menyelesaikan masalah lebih cepat, dan bergaul dengan lebih banyak kolega. Pada akhirnya, semua akan berujung pada pertumbuhan karier Anda.

Tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda sekarang. Anda bisa belajar secara otodidak atau mengambil kelas online. Dengan mengembangkan keahlian, maka Anda bisa lebih bersaing di pasar kerja. –Qerja

Baca Juga: Belajar Startup Digital Bersama CEO Muda Tyovan Ari



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next