Lima Tips Sukses Tes Kartu Prakerja | Qerja

Lima Tips Sukses Tes Kartu Prakerja

Eka Utami, 2 months ago
Lima Tips Sukses Tes Kartu Prakerja

Tes motivasi dan kemampuan dasar adalah ujian yang harus dilalui oleh setiap pendaftar program Kartu Prakerja. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi para kandidat.

Untuk itu, setiap pelamar harus menyiapkan diri agar bisa lolos seleksi ini. Buat Anda yang sedang menunggu pembukaan pendaftaran program Kartu Prakerja berikutnya, inilah lima tips sukses tes Kartu Prakerja.

Memahami Tes yang akan Dihadapi

Lima Tips Sukses Tes Kartu Prakerja
Sumber: Pixabay

Tes motivasi adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk menilai kepribadian kandidat pegawai, selain wawancara kerja. Melalui tes motivasi ini, penguji bisa melihat apakah pelamar memiliki tujuan tertentu, berani mengambil peluang, dan bisa cocok dengan posisi atau pekerjaan yang ditawarkan. Pertanyaan yang muncul pada tes motivasi seputar kemampuan individu dalam bekerja, dan dijawab dengan pilihan: tidak setuju, netral, setuju, sangat setuju. Bagi pendaftar Kartu Prakerja, pertanyaan tes akan memberi gambaran situasi jika diterima menjadi peserta program.

Sementara itu, tes kemampuan dasar digunakan untuk mengukur kemampuan intelegensi calon peserta secara umum. Beberapa komponen yang termasuk dalam ujian ini adalah tes kemampuan verbal, numerik, berpikir logis dan berpikir analitis. Maka, Anda akan berhadapan dengan soal-soal seperti matematika dasar, pengurutan instruksi, dan soal cerita non-sastra.

Latihan Soal

Sambil menunggu pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang empat, Anda bisa mengasah kemampuan dengan berlatih tes kemampuan dasar. Anda bisa menemukan contoh soal tes kemampuan dasar di berbagai sumber di dunia maya. Pada saat berlatih, Anda juga perlu memasang alarm untuk mengetahui seberapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal-soal.

Sebagai informasi, tes motivasi dan kemampuan dasar Kartu Prakerja terdiri dari 18 soal. Durasi waktu pengerjaan yang diberikan selama 25 menit. Jika waktu habis, tes akan dianggap selesai, dan dikirim secara otomatis.

Baca Juga: Enam Tips Memilih Pelatihan Prakerja

Persiapan Diri

Sampai di hari H pelaksaanaan tes, Anda sudah merasa siap menghadapi soal yang akan diujikan. Anda sudah tahu tipe soal yang akan muncul dan yakin bisa mengerjakan semuanya. Tetapi, terkadang Anda juga merasa gugup sebelum ujian.

Untuk menghindari gangguan yang mungkin terjadi, Anda harus memastikan kondisi fisik prima saat akan mengikuti tes. Jangan lupa isi perut sebelum ujian agar konsentrasi dan tidak terpecah. Selain itu, pilih tempat tes yang nyaman, tenang dan jauh dari kebisingan.

Siapkan Alat Pendukung

Lima Tips Sukses Tes Kartu Prakerja
Sumber: Pexels

Sebagian soal dalam tes Kartu Prakerja adalah operasi matematika sedrhana. Maka, Anda perlu mempersiapkan alat tulis seperti pulpen atau pensil, dan kertas corat-coret sebagai alat bantu. Alat tulis tersebut juga bisa digunakan untuk mencatat hal penting lainnya.

Selain itu, usahakan agar koneksi internet Anda selalu stabil saat mengerjakan soal. Anda tentu tidak mau kehilangan waktu mengerjakan soal karena jaringan terputus di tengah jalan.

Kerjakan Soal Mudah Terlebih Dahulu

Waktu untuk mengerjakan soal tes motivasi dan kemampuan dasar Kartu Prakerja terbatas, hanya 25 menit saja. Maka, Anda harus pandai mengatur waktu agar bisa menyelesaikan semua soal dengan baik tepat pada waktunya.

Oleh karena itu, Anda bisa memulai mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan melewati pertanyaan sulit dan mengandung kalimat panjang dan rumit. Setiap soal yang terlewat, Anda catat dulu di kertas yang sudah disiapkan. Setelah soal mudah selesai, Anda bisa kembali ke pertanyaan sulit yang ada dalam daftar.

Dengan persiapan yang matang, maka Anda bisa mencapai hasil yang optimal. Semoga sukses! –Qerja

Baca Juga: Ketahui 5 Hal Penting Dalam Menggambar Orang Dalam Sesi Psikotes



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next