Inilah Enam Tips Mencari Kerja Saat Pandemi untuk Fresh Graduate | Qerja

Inilah Enam Tips Mencari Kerja Saat Pandemi untuk Fresh Graduate

Eka Utami, 6 months ago
Inilah Enam Tips Mencari Kerja Saat Pandemi untuk Fresh Graduate

Fresh graduate yang baru lulus pada 2020 menghadapi tantangan tersendiri saat mencari kerja. Di tengah pandemi Covid-19, kondisi pasar kerja berubah. Saat roda ekonomi melambat, banyak perusahaan yang justru merumahkan karyawannya, bukan membuka lowongan lebar-lebar.

Meski keadaan sedang sulit, Anda harus tetap optimis untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Berikut beberapa tips mencari kerja untuk fresh graduate yang baru lulus di masa pandemi.

Membangun Jejaring Online

Sebagai fresh graduate yang baru lulus dari kampus, Anda mungkin belum mengenal banyak profesional di bidang yang digeluti. Tetapi, Anda dapat mulai membangun jaringan secara online. Anda bisa membuka kembali hubungan lama dengan senior yang pernah bekerjasama di organisasi kampus, masuk ke grup alumni di media sosial, dan menjaga koneksi baik dengan dosen pembimbing.

Pastikan Anda menampilkan kesan baik di mata mereka. Orang-orang di jaringan ini bisa saja memberi Anda peluang kerja di masa mendatang.

Mencari Pengalaman Kerja Sendiri

Salah satu kekurangan fresh graduate di pasar kerja adalah minim pengalaman. Tetapi, Anda bisa mengatasinya dengan mencari pengalaman kerja sendiri. Salah satu caranya dengan mencoba membuka usaha atau menjadi sukarelawan di berbagai kegiatan sosial di dunia maya.

Pengalaman membangun bisnis di tengah masa pandemi terlibat dalam gerakan sosial sangat berguna untuk pengembangan diri Anda di masa mendatang. Anda jadi punya pengalaman berkolaborasi dan bekerjasama dalam tim dalam proyek yang berdampak besar untuk orang banyak.

Biasakan Kerja dari Rumah

Inilah Enam Tips Mencari Kerja Saat Pandemi untuk Fresh graduate
Sumber: Pixabay

Saat imbauan kerja dari rumah digemakan, banyak orang yang merasa “gagap” dengan perubahan cara ini. Jika biasanya mereka rapat tatap muka secara langsung, dan bisa menegur anggota tim kerja di sebelah meja, kini semuanya harus dilakukan secara online.

Anda juga harus terbiasa dengan situasi ini. Jika diterima sebagai karyawan di tengah masa pandemi, maka siapkan diri untuk memulai hari pertama kerja dari rumah. Jadi, mulai sekarang siapkan diri dengan mengecek alat pendukung dan ruang kerja dari rumah, mempelajari cara menggunakan aplikasi meeting, hingga mencari cara untuk tetap produktif dan termotivasi meski tiak diawasi atasan langsung.

Baca Juga: Enam Ide Bisnis Yang Bisa Dicoba Para Fresh Graduate

Optimalkan Media Sosial

Inilah Enam Tips Mencari Kerja Saat Pandemi untuk Fresh graduate
Sumber: Pixabay

Ketika semua orang berada di rumah selama masa pandemi, maka satu-satunya cara untuk menunjukkan diri di depan publik adalah melalui dunia maya.

Buatlah akun media sosial seperti LinkedIn. Lalu pelajari cara orang lain menampilkan dirinya di dunia maya. Mulai dari membuat foto terbaru yang tampak profesional, hingga menulis deskripsi diri yang akan menarik perhatian perekrut.

Latihan Wawancara Kerja Online

Saat ini, banyak  perusahaan menerapkan kebijakan kerja dari rumah. Hal tersebut juga mengubah proses perekrutan. Jika sebelumnya perusahaan meminta kandidat mendatangi kantor untuk melakukan wawancara kerja, kini sebagian besar proses interview dilakukan secara online.

Oleh karena itu, para fresh graduate mesti berlatih wawancara secara online, baik melalui telepon atau pun video call. Jika Anda akan menghadapi wawancara via telepon, maka persiapkan diri dengan memilih ruang yang tepat untuk menerima panggilan, dan pastikan menjaga tekanan suara saat berbicara. Sementara buat Anda yang akan mengikuti wawancara dengan video call, tetaplah berpakaian rapi, pertahankan kontak mata dan senyum selama interview, dan usahakan menunjukkan posisi tubuh ang tegak namun tetap nyaman.

Mengasah Keterampilan

Anda bisa memanfaatkan masa tunggu panggilan kerja untuk mengasah keterampilan yang bisa memperkaya daftar keahlian di CV. Untuk menambah keahlian baru di masa pandemi seperti ini, Anda dapat mengikuti kelas online yang diselenggarakan berbagai lembaga pendidikan. Jika tidak memiliki dana, Anda juga bisa belajar dari training atau tutorial gratis dari berbagai sumber di dunia maya.

Pelajari materi dengan serius, hingga dapatkan sertifikatnya. Sehingga Anda bisa mendapat ilmu bermanfaat sebagai bekal mencari kerja.

Anda harus selalu optimis untuk bisa mendapat pekerjaan meski di tengah masa pandemi. Masih ada perusahaan yang bergerak dan membuka lowongan. Siapa tahu, salah satu posisi kerja yang dibuka itu tersedia untuk Anda. –Qerja

Baca Juga: Enam Keuntungan Meningkatkan Skill Kerja buat Fresh Graduate

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next