Lima Pekerjaan yang Dibutuhkan saat Pandemi Covid-19 | Qerja

Lima Pekerjaan yang Dibutuhkan saat Pandemi Covid-19

Eka Utami, 4 months ago
Lima Pekerjaan yang Dibutuhkan saat Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan. Hal ini merupakan imbas dari perlambatan ekonomi dan bisnis yang lesu.

Namun, masih ada sejumlah sektor industri yang bertahan ditengah pandemi. Sebagai contoh, perusahaan makanan dan minuman, perusahaan komunikasi, hingga jasa pengantaran. Ketika ada bisnis bertumbuh, maka permintaan tenaga kerja pun meningkat.

Berikut beberapa pekerjaan yang dibutuhkan saat Pandemi Covid-19.

Tenaga Kesehatan

Lima Pekerjaan yang Dibutuhkan saat Pandemi Covid-19
Sumber: Pixabay

Ya, tenaga kesehatan adalah pekerja yang paling dibutuhkan saat pandemi Covid-19. Mulai dari perawat hingga dokter spesialis. Sebagian tenaga kesehatan tersebut difokuskan untuk menangani pasien Covid-19. Namun, ada pula pasien lain yang juga membutuhkan penanganan medis.

Permintaan tenaga kesehatan yang tinggi terlihat di situs Jobs.id. Dalam beberapa hari terakhir, berbagai rumah sakit membuka lowongan untuk dokter umum hingga dokter spesialis. Begitu juga dengan perawat yang semakin banyak dicari, mulai perawat umum hingga perawat yang memiliki sertifikat hemodialisa.

Penasihat Akademis

Pandemi Covid-19 telah mengubah cara belajar para siswa. Jika sebelumnya anak-anak harus pergi ke sekolah, kini semua siswa belajar secara online. Sementara itu, pihak sekolah juga membutuhkan tenaga ahli yang mampu meracik kurikulum yang tepat untuk proses belajar-mengajar seperti sekarang.

Di situs Jobs.id, Anda bisa menemukan satu lowongan Academic Coordinator di PT Talenta Sumber Daya Manusia. Orang yang berada di posisi ini harus memiliki latar belakang pendidikan manajemen kurikulum. Tenaga ahli di bidang ini bertanggungjawab untuk mengawasi akademik dan kurikulum sekolah.

Baca Juga: Tiga Keuntungan Program Kartu Prakerja

Manajer dan Staf Gudang

Seiring dengan imbauan bekerja dan belajar di rumah selama pandemi Covid-19, maka pola belanja masyarakat berubah. Kini, semakin banyak orang yang memilih membeli barang kebutuhan secara online, karena toko dan mall tutup. Maka, kebutuhan tenaga kerja yang memahami sistem pergudangan pun meningkat.

Jika Anda mencari pekerjaan dengan kata kunci “warehouse” di Jobs.id, maka akan menemukan berbagai perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi admin, foreman, officer, hingga supervisor warehouse. Salah satunya, PT Sicepat Ekspres Indonesia yang membutuhkan tenaga warehouse officer sejak 28 April 2020 lalu. Bagi Anda yang punya pengalaman di departemen warehouse minimal dua tahun, dan memiliki kemampuan mengatur sistem stok barang, bisa mencoba melamar.

Kurir

Seperti halnya manajer dan staf gudang, kebutuhan tenaga kurir juga bertambah seiring dengan peningkatan aktivitas belanja online. Buktinya, sejak akhir April hingga pertengahan Mei 2020, ada beberapa perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja untuk kurir di Jobs.id.

Salah satunya PT Swapro International yang membutuhkan kurir Go Spend yang akan bertugas mengantarkan barang pesanan konsumen. Jika tertarik melamar pekerjaan ini, Anda harus memiliki motor beserta surat-surat kelengkapan dan menguasai wilayah yang akan menjadi area kerja.

Customer Service

Lima Pekerjaan yang Dibutuhkan saat Pandemi Covid-19
Sumber: Pixabay

Ketika hubungan penyedia barang dan jasa dengan konsumen dilakukan secara online, maka peran customer service sangat dibutuhkan. Tugas customer service adalah untuk melayani pelanggan, baik menjawab pertanyaan maupun menerima keluhan.

Hingga pertengahan Mei 2020, berbagai perusahaan membuka lowongan untuk posisi customer service di berbagai level. Kandidat customer service diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Anda harus tetap optimis untuk mendapat pekerjaan di tengah pandemi Covid-19. Baik pekerjaan di perusahaan atau memulai usaha sendiri. Semoga sukses! –Qerja

Baca Juga: Inilah Enam Tips Mencari Kerja Saat Pandemi untuk Fresh Graduate



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami