Pandemi COVID-19, Ini Dampaknya kepada Pekerja Indonesia | Qerja

Pandemi COVID-19, Ini Dampaknya kepada Pekerja Indonesia

Eka Utami, 4 months ago
Pandemi COVID-19, Ini Dampaknya kepada Pekerja Indonesia

Pandemi COVID-19 berdampak negatif pada perekonomian Indonesia. Imbauan agar masyarakat berada di rumah saja dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah memukul dunia usaha terutama yang bergerak di industri pariwisata, penerbangan, hingga bisnis restoran. Pada akhirnya, pekerja juga yang harus menerima akibatnya.

Kementerian Ketenagakerjaan, mengumumkan sedikitnya terdapat 2,8 juta pekerja terdampak COVID-19 hingga April 2020. Para karyawan tersebut terpaksa harus mengalami pemotongan gaji, dirumahkan, sampai terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Kebijakan pemotongan gaji diambil PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. karena pembatasan operasional selama tiga bulan. Kini, sebanyak 2.700 karyawan Ramayana harus rela menerima upah hanya setengah dari pendapatan biasanya. Sementara Lion Air Grup memilih meliburkan karyawan tanpa gaji demi menghindari PHK. Adapun ratusan pekerja Airy Rooms harus kehilangan pekerjaan karena perusahaan berhenti beroperasi.

Badai COVID-19 juga menerjang sektor informal, mulai dari pedagang kaki lima, pekerja bangunan, hingga pengemudi ojek online. Salah satu contoh dampak pandemi COVID-19 dialami pengemudi ojek online yang penghasilannya bisa menurun hingga 80 persen. Alasannya karena pengemudi ojek tidak bisa mengangkut penumpang selama PSBB.

Namun, kondisi ini bukan untuk diratapi, melainkan dicarikan solusi. Qerja Group percaya, ketika hampir semua orang mengalami masa sulit yang sama, maka akan terbentuk rasa solidaritas. Para pekerja yang dipertahankan perusahaan masih mau mengulurkan tangan bagi teman, rekan, dan kenalannya yang terkena PHK dan dirumahkan agar kembali memiliki asa. Berbekal keyakinan itu, Karir.com meluncurkan Gerakan Mendapat Kerja (GEMAR) untuk membantu pekerja yang terdampak pandemi COVID-19 dan membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

Gerakan ini harus dilakukan bersama-sama. Seseorang bisa membantu merekomendasikan pekerjaan untuk temannya yang terdampak pandemi COVID-19 melalui WhatsApp Karir.com. Sementara kandidat yang kehilangan pekerjaan juga harus berusaha dengan melengkapi profil diri dari mulai nama lengkap, pengalaman kerja, ekspektasi gaji hingga bidang yang digeluti di WhatsApp Karir.com. Setelahnya, kandidat bisa masuk ke situs Karir.com untuk melamar pekerjaan yang telah direkomendasikan dan sesuai dengan latar belakangnya. Ya, semudah itu!

Dengan berbekal jaminan dari teman, maka peluang kerja untuk seseorang lebih terbuka. Perusahaan percaya bahwa kandidat yang direkomendasikan adalah tenaga kerja memiliki talenta dan etos kerja yang baik.

Pada masa sulit seperti sekarang, semua orang mesti saling mendukung dan menguatkan. Jangan ragu untuk mengecek kabar teman, kolega dan kenalan yang ada di daftar jaringan. Lalu, tolong mereka yang terdampak COVID-19 untuk mendapatkan pekerjaan kembali dan bisa mandiri. Dengan menyebarkan GEMAR seluas-luasnya, kita bisa saling membantu sesama. Bersama Karir.com, Indonesia bisa bangkit melewati krisis ini.

Mulailah menyebarkan GEMAR dari sini. Lalu, cek Instagram @karirdotcom untuk update kabar terbaru tentang GEMAR, informasi lowongan kerja terkini hingga tips karir.

Baca Juga: Inilah Enam Tips Mencari Kerja Saat Pandemi untuk Fresh Graduate



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next