SiCepat, Menjawab Tantangan Pelaku Bisnis E-Commerce | Qerja

SiCepat, Menjawab Tantangan Pelaku Bisnis E-Commerce

Eka Utami, 3 months ago
SiCepat, Menjawab Tantangan Pelaku Bisnis E-Commerce

PT SiCepat Ekspres Indonesia adalah perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak 2014. Perusahaan ini dibangun oleh pengusaha di bidang logistik yakni The Kim Hai dan Rudy Darwin Swigo. Dengan pengalaman Kim Hai yang pernah menjalankan usaha penjualan telepon seluler secara daring, dan Rudy yang punya latar belakang di bidang IT, SiCepat mampu menjadi solusi atas tantangan yang dihadapi oleh bisnis e-commerce. Keduanya meramu strategi pelayanan yang didukung teknologi mutakhir agar bisa membantu memenuhi kebutuhan dan keinginan pelaku bisnis online.

Pada awal mula perencanaan SiCepat, para founder melihat permasalahan yang meliputi pebisnis e-commerce. Sebelum tahun 2014, penyedia jasa pengiriman belum melayani penjemputan paket, sehingga penjual harus membawa barang yang akan dikirim ke gerai. Hal ini tentu memakan waktu dan menghabiskan tenaga, apalagi jika paket yang akan dikirim dalam jumlah banyak. Selain itu, masalah lainnya yang dihadapi pelaku bisnis online adalah penjemputan paket yang tidak sesuai jadwal, aturan minimum order, pelayanan yang belum menjangkau daerah pedesaan, dan promosi terbatas pada high value customer. Berbagai kendala pengiriman barang ini dirasakan sendiri oleh Kim Hai yang saat itu masih menjalankan usaha penjualan telepon seluler.

Setelah memahami berbagai permasalahan dihadapi pelaku bisnis online dalam hal pengiriman barang, para founder merumuskan solusi untuk menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi. Caranya dengan membuka banyak cabang, membuat sistem pengaturan pemesanan dan koordinasi antar cabang atau outlet, dan memberikan pelayanan terbaik sampai tingkat desa. Selain itu, kepuasan pelanggan juga harus diperhatikan dengan menawarkan promosi kepada medium value customer.

SiCepat, Menjawab Tantangan Pelau Bisnis E-Commerce
Foto: Founder SiCepat Ekspres The Kim Hai

Dari hasil pemikiran para founder tersebut, maka  hadirlah PT SiCepat Ekspres Indonesia. Dengan menyematkan nama SiCepat pada perusahaannya, Kim Hai dan Rudy ingin memberikan jasa pengiriman tercepat jika dibandingkan perusahaan ekspedisi lainnya. Berbagai ide inovasi jasa pengiriman barang pun tercipta. Sejak berdiri pada 2014, SICepat menjadi pelopor layanan pick up paket. Setelahnya, SiCepat melakukan berbagai terobosan, mulai dari SMS resi, pengiriman barang sampai 15 jam untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung, hingga layanan cargo untuk paket dengan berat minimal 5 kilogram. Selain itu, dengan menggunakan BEST (Besok Sampai Tujuan), SiCepat menawarkan jasa pengiriman satu hari dari dan ke semua pulau Indonesia. Ada pula produk yang membuat SiCepat berbeda dari penyedia jasa pengiriman lainnya, yakni H3Lo (Heboh 3 Kilo), dimana konsumen bisa mengirim barang seberat 3,29 kilogram dengan hanya membayar untuk 2 kilogram. Di luar itu, SiCepat juga melayani pengiriman paket massal, hingga membantu pengiriman internasional dengan harga bersaing.

Pada Februari 2020, SiCepat kembali menawarkan produk baru yang disebut HaLu (Harga Mulai Lima RIbu) yang tersedia di Shopee dan platform e-commerce lainnya. Melalui HaLu, SiCepat ingin mengapresiasi seller dan buyer dengan menyediakan jasa pengiriman dengan tarif lebih murah dari harga reguler, namun kualitas layanan tetap maksimal. Selain HaLu, SiCepat juga mengeluarkan produk SIUNTUNG. Layanan ini menawarkan tarif yang lebih murah untuk pengiriman menggunakan Drop Point, Corporate dan seller yang menggunakan situs dan media sosial.

Selain kecepatan pengiriman, SiCepat juga mengutamakan pelayanan. Salah satunya dengan menyediakan layanan notifikasi SMS dari nomor tanda terima untuk melacak status pengiriman, dan call center yang responsif, hingga kompensasi kehilangan dan kerusakan akibat proses pengiriman. Inovasi layanan lain yang dapat memudahkan pengirim antara lain fleksibilitas jangka waktu pembayaran, dan penjemputan gratis. Selain itu, perusahaan juga punya program cashback dan diskon yang diberikan kepada member. Adapun program loyalty untuk member seperti foto produk dan testimoni ditawarkan secara gratis.

SiCepat, Menjawab Tantangan Pelaku Bisnis E-Commerce
Foto: /Pengiriman Barang oleh SiCepat

Berkat layanan prima yang diberikan, SiCepat telah menjadi salah satu perusahaan ekspedisi terpercaya. Dalam waktu enam tahun, perusahaan berkembang dan mampu bersaing dengan penyedia jasa pengiriman barang lainnya. Berdasarkan hasil survei MarkPlus Inc, SiCepat Ekspres adalah perusahaan ekspedisi yang menduduki peringkat ketiga, setelah JNE dan JNT. Selain itu, SiCepat juga mendapat pengakuan dari berbagai lembaga. Pada 2020, SiCepat mendapat MSB Award (Marketing Sustainability Brand) dari MarkPlus Inc karena konsisten memberikan pelayanan terbaik di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, SiCepat juga dianugerahi TOP CSR Of The Year 2020 dari Tras N Co dan Infobrand.id karena keaktifan dan kepedulian dalam berbagai gerakan melawan COVID-19. Daftar penghargaan yang diperoleh SiCepat bertambah setelah mendapat Indonesia Prospective Brands Award 2020 dari Majalah SWA. Penghargaan ini yang diberikan kepada merek-merek asli Indonesia yang tumbuh bagus dalam lima tahun terakhir.

Baru-baru ini, SiCepat Ekspres telah sukses menerapkan GCG (Good Corporate Government) dalam proses bisnis maupun operasional. Dengan pencapaian tersebut, SiCepat diganjar penghargaan The Best GRC for Performance Management in Marketing & Information Technology 2020 (in logistic service) dari GRC & Performance Excellence Award 2020. Bahkan, Chief Marketing Officer (CMO) SiCepat Ekspres Wiwin Dewi Herawati diakui sebagai The Best CMO and GRC Leader 2020 pada ajang yang sama. Deretan penghargaan yang didapat menandakan bahwa SiCepat Ekspres memang telah menjadi salah satu penyedia jasa pengiriman terbaik di Indonesia.

Berdasarkan data, pencapaian SiCepat memang terbilang sangat baik. Di tahun 2020, SiCepat sudah bertumbuh sebesar 110 persen. Sementara dari catatan month-on-month, growth SiCepat mencapai 4 kali lipat dibandingkan bulan yang sama di tahun sebelumnya. Sekarang, SiCepat sudah bekerja sama dengan 1,3 juta lebih seller, dan mampu melayani lebih dari 670 ribu pengiriman sehari, mencakup hampir semua kota di Indonesia. Dengan dukungan dari 15 ribu lebih pegawai,  fasilitas kendaraan, gudang, hingga teknologi terkini, SiCepat akan terus maju dan mendorong kreativitas serta inovasi dalam jasa pengiriman barang. Demi menjawab kebutuhan dan keinginan pelaku bisnis e-commerce hari ini dan di masa yang akan datang. -Qerja

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next