Enam Panduan Mencari Pekerjaan yang Tepat untuk Anda | Qerja

Enam Panduan Mencari Pekerjaan yang Tepat untuk Anda

Qerja, 5 years ago
Enam Panduan Mencari Pekerjaan yang Tepat untuk Anda

Beratnya persaingan mencari kerja membuat banyak orang akhirnya harus melupakan pekerjaan impian dan menerima tawaran hanya karena “yang penting kerja, deh.”

Meski tak ada salahnya kalau tujuannya untuk mencari nafkah, pandangan seperti itu bisa berakibat buruk di kemudian hari. Bagaimana pun, Anda akan bekerja lebih baik jika mengerjakan hal yang memang Anda cintai. Anda pun akan lebih bahagia dibanding jika setiap hari harus menghadapi pekerjaan tanpa minat, tanpa passion, dan tanpa semangat. Jangan harap bisa naik ke jenjang karir yang lebih tinggi jika Anda bahkan tak bisa bekerja maksimal. 

Jadi, sebaiknya teliti memilih karir harus sudah dilakukan saat Anda baru akan mulai melamar. Pikirkan baik-baik apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan karir yang Anda cita-citakan. Agar Anda tidak salah memilih, perhatikan enam panduan berikut ini.

1. Apa yang Anda Senangi 
Sebelum masuk ke dunia kerja, biasanya Anda sudah punya suatu karier yang jadi tujuan. Bahkan mungkin itu pula yang menjadikan Anda memilih bidang studi semasa kuliah. Saat tiba waktunya melamar kerja, jadikan minat tersebut sebagai patokan. Jangan sampai Anda memilih untuk meniti karir di satu bidang hanya karena terpaksa atau ikut-ikutan. 

Jika Anda menyukai apa yang Anda kerjakan, Anda bisa menjalankan tugas dengan sepenuh hati.

2. Fokus Pada Keahlian
Karir Anda akan melesat bila Anda bisa menggunakan skill atau keahlian utama Anda untuk pekerjaan tersebut. Memang sih, terkadang mencoba bidang lain juga tidak salah, tetapi Anda masih harus belajar lagi, dan peningkatan karir akan lambat juga.

Misalnya Anda senang dan jago menulis, coba pertimbangkan karir sebagai penulis di media massa, atau sebagai copy writer. Bila ternyata Anda memilih menjadi tenaga administrasi, maka jangan harap karir Anda akan melesat secepat jika Anda bekerja di media.

3. Memperbanyak Magang
Banyak perusahaan membuka kesempatan magang untuk mahasiswa atau fresh graduate yang ingin mencari pengalaman kerja. Beberapa dari mereka juga membayar tenaga magang dengan jumlah yang lumayan.

Pengalaman magang ini bisa menjadi cara Anda untuk mendapatkan informasi lingkungan kerja bagaimana yang bisa mendukung Anda mencapai karir yang dicita-citakan. Anda bisa magang di beberapa tempat, sambil mencari pekerjaan yang cocok. Pengalaman magang bisa membuat CV Anda makin keren, lho.

Keuntungan lain? Anda akan terbiasa dengan lingkungan kerja dan menambah teman baru.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next