Haruskah Lanjut Sekolah Lagi Demi Gelar S2? | Qerja

Haruskah Lanjut Sekolah Lagi Demi Gelar S2?

Qerja, 5 years ago
Haruskah Lanjut Sekolah Lagi Demi Gelar S2?

Stress yang Anda rasakan saat berkutat dengan ujian dan makalah bertahun-tahun lalu rasanya tidak ada apa-apanya ketika sudah bergabung ke dunia kerja. Jumlah lulusan S1 yang berbanding terbalik dengan jumlah lowongan kerja berarti para lulusan baru sering kali dihadapkan dengan persaingan sengit untuk satu posisi.

Di pasar kerja yang kompetitif, persepsi yang dipegang umumnya adalah bahwa Anda yang menyandang gelar S2 memiliki kelebihan besar dibanding yang hanya bergelar S1, baik dari segi prestise, hirebility, hingga tingginya gaji yang diperoleh. Walau di berbagai kasus, tidak ada jaminan bahwa lulusan S2 akan lebih sukses dibanding koleganya yang hanya bergelar S1, tetap saja tidak sedikit lulusan yang memilih melanjutkan kuliah ke S2 daripada harus menghadapi alternatifnya: luntang lantung lama sebagai pengangguran.  

Jika bukan untuk meningkatkan daya jual sebagai calon pegawai atau karena jalur karier memang menuntut Anda memiliki gelar S2, coba pikirkan kembali apa sebenarnya alasan Anda memilih sekolah kembali untuk mendapat gelar magister?

Frustrasi dan gengsi karena tidak kunjung mendapat kerja?

Terus-menerus dikejar pertanyaan mengenai pekerjaan dari kerabat memang membuat frustrasi, apalagi ketika lamaran yang Anda kirimkan ke berbagai perusahaan tidak kunjung dibalas. Belum lagi jika teman seangkatan telah mulai memasuki dunia kerja. Lama-kelamaan muncul sebuah suara kecil yang menawarkan solusi: sambung S2 saja. Setidaknya ketika ditanya, Anda punya jawaban pasti yang dapat ‘dimaklumi’, daripada menggumam malu-malu “belum dapat kerja”.

Bisik-bisik orang sekitar memang bisa menjatuhkan semangat dan membuat Anda mempertanyakan kemampuan diri. Pikirkan kembali semua hal yang telah Anda capai, misalnya, Anda berhasil lulus kuliah. That’s something! Terlebih lagi, Anda tidak sendiri. Apa yang Anda hadapi sekarang juga menjadi permasalahan seluruh fresh graduates. Jangan membanding-bandingkan diri dengan orang lain karena perjalanan masing-masing orang berbeda-beda. Tetaplah optimis dan bersemangat!

Ragu menentukan arah?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next