6 Solusi Hilangkan Stress Usai PHK | Qerja

6 Solusi Hilangkan Stress Usai PHK

Qerja, 4 years ago
6 Solusi Hilangkan Stress Usai PHK

“Dirumahkan” karena perampingan perusahaan, kinerja tak sesuai, atau kondisi keuangan kantor yang morat-marit adalah salah satu risiko yang dialami pegawai yang bekerja bahkan di perusahaan besar sekali pun. Tetapi tentu saja, banyak orang yang tidak siap kehilangan pekerjaan. Membayangkan harus menganggur dan mencari pekerjaan dari bawah lagi kerap membuat banyak pegawai merinding.

Akibatnya stress usai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terjadi tanpa bisa dihindarkan. Tekanan mental ini membawa pengaruh yang cukup buruk, baik untuk Anda sendiri, maupun untuk orang-orang di sekitar Anda. Anda jadi minder, tidak percaya diri, bahkan melamar pekerjaan baru pun tidak Anda lakukan.

Nah, untuk move on dari stress karena PHK, baiknya Anda ikuti beberapa saran ini.

1. Anda masih Berguna
Buang jauh-jauh pikiran bahwa Anda sudah tidak berguna lagi setelah mengalami PHK. Berpikir seperti itu justru akan membuat Anda makin terpuruk. Jangan sampai kemampuan Anda selama ini tertutup dengan rasa minder karena mengalami PHK.

Baiknya Anda berpikir kalau ini kesempatan untuk membuktikan bahwa Anda masih bisa mendapatkan kerja di tempat yang lebih baik.

2. Batasi Waktu Berduka
Memaki-maki orang yang memecat Anda bukanlah cara terbaik untuk membuang kemarahan. Cara demikian justru akan mendatangkan masalah bagi diri Anda sendiri, dan memperkecil peluang mendapat pekerjaan baru karena mantan atasan bisa jadi memberi rekomendasi buruk yang membuat nama Anda di-blacklist perusahaan lain.

Begitu pun jika Anda merasa sedih dan down, tentu boleh saja, namun jangan berlebihan dan lama-lama. Untuk apa membuang energi dengan berdiam diri dalam kegalauan yang tidak selesai-selesai. Lebih baik Anda mulai berpikir apa yang harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan atau pekerjaan berikutnya.

3. Curhat
Baiknya Anda menumpahkan kekesalan dan kemarahan pada orang yang bisa Anda percayai dan membuat Anda lebih nyaman. Berceritalah dengan jujur dan tidak menyembunyikan apa-apa. Biasanya dengan menumpahkan perasaan, Anda akan lebih plong dan bisa berpikir lebih jernih.

Meskipun curhat jarang memberikan solusi atas masalah yang sedang Anda alami, tetapi cara ini bisa membuat beban Anda lebih ringan. Seringkali orang yang kesusahaan, terutama yang baru dipecat, sulit untuk membuka diri karena minder dan merasa gengsi. Akibatnya dia akan semakin stress.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next