7 Pekerjaan yang Cocok Untuk ibu Rumah Tangga

Oleh Tri Susanto, 6 years ago

Menjadi ibu rumah tangga adalah salah satu profesi mulia yang dipilih banyak perempuan. Sangatlah keliru anggapan kalau setelah menjadi ibu rumah tangga, perempuan tak akan bisa meraih kesuksesan lagi, karena banyak profesi yang bisa dilakukan oleh seorang wanita di sela-sela kesibukannya mengurus anak dan rumah tangga. Bahkan ada yang bisa menghasilkan uang lebih banyak dibanding gaji sebagai pegawai formal.

Berikut tujuh profesi yang bisa jadi sambilan bagi Anda yang memutuskan menjadi ibu rumah tangga. Beberapa di antaranya merupakan profesi favorit:

1. Guru
Menjadi guru bisa dilakukan jika Anda ingin bekerja namun hanya punya waktu singkat. Jam kerjanya sama seperti anak-anak ke sekolah dan pulang sekolah. Bahkan seorang guru juga mendapatkan libur panjang kenaikan kelas dengan jangka waktu dan periode yang sama dengan yang didapatkan murid-muridnya. 

Menjadi guru tidak akan menganggu kesibukan Anda mengurus rumah tangga. Keuntungan lainnya, pendidikan anak-anak akan terjamin.

2. Fashion Designer
Kalau Anda memiliki bakat terpendam dalam mendesain pakaian dan juga menjahit, kenapa Anda tidak mengambil profesi ini untuk menyalurkan bakat dan mendapat rupiah? Lagipula kesibukan Anda sebagai ibu rumah tangga tidak akan terganggu karena pekerjaan ini bisa dilakukan saat senggang. 

Anda bisa membuka butik kecil dan menjual jasa desain serta menjahit baju untuk kenalan atau tetangga. Jika tak sanggup menjahit sendiri, cukup pekerjaan satu atau dua orang penjahit sehingga Anda hanya harus mengarahkan dan mengelola mereka. Hasilnya lumayan. Bisa juga mempromosikan hasil desain di media sosial untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi. 

3. Usaha Kuliner
Profesi ini cocok untuk Anda yang kebetulan hobi memasak dan ingin mencari tambahan pendapatan melalui hobi ini. Anda bisa melirik pasar yang belum banyak tersentuh, seperti usaha rantangan harian, katering makanan sehat, atau katering khusus diet.

Usaha ini punya prospek bagus karena banyak keluarga yang membutuhkan makanan ala rumahan tetapi tidak memiliki waktu untuk memasak di rumah, dan banyak pegawai kantoran yang kini memilih memesan katering harian dibanding makan di luar. Kalau Anda bisa menyuguhkan makanan sehat atau untuk diet, Anda juga berpotensi mendapatkan banyak pelanggan.

4. Pemasok Tanaman Hias 
Masih ingat “booming” tanaman hias Euforbia dan Lidah Mertua? Kedua jenis tanaman tersebut hanya segelintir tanaman hias yang menghasilkan banyak rupiah untuk mereka yang mengeluti bisnis ini.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami