Deadline Sudah Dekat Tapi Pekerjaan Belum Selesai? Lakukan 7 Trik Ini | Page 2 | Qerja

Deadline Sudah Dekat Tapi Pekerjaan Belum Selesai? Lakukan 7 Trik Ini

Qerja, 5 years ago
Deadline Sudah Dekat Tapi Pekerjaan Belum Selesai? Lakukan 7 Trik Ini

Saat Anda merasa kecil hati melihat limpahan tugas yang sepertinya mustahil dikerjakan, ingat kembali proyek-proyek sebelumnya yang berhasil Anda kerjakan dengan baik. Saat itu, pekerjaan Anda mungkin juga terasa terlalu sulit di awal, bukan? Toh Anda sekarang aman-aman saja. Jika setelah ditimbang-timbang, porsi pekerjaan kali ini terlalu rumit untuk dikerjakan sekaligus, silahkan bagi menjadi beberapa bagian untuk dikerjakan terpisah. Ingat, tidak apa-apa jika Anda perlu meminta sedikit bantuan dan nasehat dari anggota tim lainnya.

Bagaimana jika Anda merasa proyek terlalu mudah dan bisa dikerjakan dengan sistem kebut semalam? Gunakan kreativitas Anda dan beri sesuatu yang ekstra, baik itu pekerjaan yang lebih cepat selesai atau sudut pandang yang segar. Daripada hanya memberi hasil standar 100 persen, mengapa tidak mengerahkan 110 persen? Hasil kerja Anda yang selalu di atas rata-rata pasti akan diperhatikan atasan.

Nah, bagaimana jika Anda tahu pasti tidak akan bisa menyelesaikan tugas tepat waktu?

1. Kabari Jauh-Jauh Hari
Kecuali Anda tiba-tiba terserang penyakit yang menghalangi Anda untuk menyelesaikan tugas tepat waktu, selalu, selalu kabari kolega atau atasan Anda beberapa hari sebelumnya jika Anda tidak bisa selesai tepat waktu. Berikan alasan singkat yang dapat diterima dan hindari terlalu bertele-tele.

2. Berikan Alternatif Lain
Jika Anda ingin mengundurnya, tentukan sebuah tanggal jelas yang tidak boleh Anda lewati lagi. Lebih baik lagi bila Anda dapat ‘menebusnya’ dengan menawarkan bantuan untuk meringankan beban alur kerja mereka yang telah tertunda.Tentu saja, Anda sendiri harus paham membedakan antara tenggat waktu yang tertulis di kontrak dan janji Anda pada kolega, karena jika Anda melanggar ketentuan waktu yang ditetapkan klien, pekerjaan Anda berisiko terancam.

3. Jaga Reputasi Anda
Agar reputasi Anda tetap cemerlang, jangan lupa untuk minta maaf jika melewatkan tenggat waktu. Walau Anda mendapat kesempatan untuk memperpanjang tenggat waktu, jangan sekali-sekali berpikir untuk menjadikan ini sebagai kebiasaan karena perusahaan mungkin tidak akan mentolerirnya jika terlalu sering, yang ujung-ujungnya akan meninggalkan kesan buruk terhadap profesionalisme Anda di tempat kerja.

Siap untuk mengejar deadlineReady, go! -Qerja.com



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next