Enam Strategi Menghindari Konflik di Tempat Kerja | Qerja

Enam Strategi Menghindari Konflik di Tempat Kerja

Qerja, 3 years ago
Enam Strategi Menghindari Konflik di Tempat Kerja

Konflik bisa terjadi di mana-mana, termasuk dengan teman kerja di kantor. Namun harus diakui, konflik antara rekan sekantor dampaknya lebih terasa karena akan mempengaruhi mood Anda dalam bekerja, bahkan berpengaruh buruk pada kinerja. Belum lagi suasana kantor menjadi tidak nyaman dan Anda tidak betah berlama-lama.

Banyak pekerja yang lebih suka menghindari konflik dengan rekan sekerja di kantor ketimbang berhadapan head to head. Misalnya dengan enam cara berikut ini:

1. Hadapi Baik-Baik
Jika rekan Anda membicarakan hal yang buruk tentang Anda pada orang lain di belakang, Anda tak perlu membalasnya dengan hal serupa.

Menjauhlah darinya sementara waktu untuk meredakan emosi. Setelah emosi stabil dan dirasa siap, pilihlah waktu yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut berdua dengan cara baik-baik. Jadi bukan adu mulut, apalagi jotos-jotosan.

Perlu diingat bahwa Anda dan rekan berada di kantor, bukan di atas ring tinju.

BACA: 5 Kiat Meredam Ledakan Emosi di Kantor

2. Jaga Perilaku
Bersikap dan berbicaralah yang baik dengan semua rekan kerja Anda, tanpa pilih-pilih. Jangan karena jabatan rekan kerja berada di level lebih rendah, Anda menjadi sewenang-wenang, karena perilaku seperti ini rawan menimbulkan konflik.

Usahakan berbicara tenang, sopan, dan rasional. Jika bercanda pun, jangan melewati batas sampai menjatuhkan harga diri rekan kerja karena Anda tak pernah tahu seberapa besar kadar sensitivitasnya.

Berpikir dulu sebelum mengeluarkan kata-kata yang berpotensi menyingung perasaan rekan kerja.

3. Hargai Pendapat Orang Lain
Kadang perbedaan pendapat antar rekan kerja bisa menyulut konflik di kantor. Nah, supaya hal itu tak melahirkan konflik, dengarkan dan hargailah semua pendapat orang.

Menghargai bukan bukan berarti Anda harus setuju dengannya. Itu hanya sebuah bentuk apresiasi terhadap ide atau komentar yang terlontar. Jika memang pendapat Anda berbeda dengan mereka, Anda tidak perlu terang-terangan menolaknya. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next