5 Tips Sukses Melamar Kerja ke Kedutaan Asing

Oleh Tri Susanto, 5 years ago

3. CV yang Kuat
Beberapa kedutaan biasanya meminta Anda mengirim CV lengkap dengan biodata, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan lain-lain. Namun ada juga kedutaan yang meminta Anda mengisi formulir CV yang sudah mereka sediakan secara online. Jadi isilah form itu secara sempurna dan sesuai dengan petunjuk yang mereka berikan. Jangan sampai salah pengisian, karena kesalahan teknis sekecil apapun bisa membuat Anda tidak dipanggil untuk tahap selanjutnya.

4. Rekomendasi itu Penting
Untuk bisa diterima bekerja di kedutaan, Anda akan membutuhkan rekomendasi dari dua hingga tiga orang yang akan mendukung bahwa Anda cocok bekerja di tempat tersebut. Kedutaan biasanya meminta Anda mencantumkan nama, alamat dan nomer telpon orang yang akan merekomendasikan Anda dalam CV atau form yang mereka sediakan.

Orang-orang yang cocok memberikan rekomendasi biasanya mantan atasan Anda, mantan partner kerja, professor, dosen atau orang-orang yang bisa memberikan informasi siapa Anda secara profesional.

5. Bertanya Pada Kenalan yang Bekerja di Kedutaan Besar
Kalau kebetulan Anda memiliki kenalan yang kebetulan bekerja di kedutaan besar, Anda bisa meminta nasehat bagaimana bisa bekerja di sana, termasuk pengalaman saat membuat lamaran.

Perlu diketahui, setiap kedutaan besar memiliki style tersendiri dalam perekrutan, sehingga disarankan Anda mencari info sebanyak-banyaknya sebelum melamar ke kedutaan yang Anda inginkan.

Good luck!


BACA JUGA:

5 Kesalahan Umum Dalam Menulis Cover Letter

CV Bagus, Tapi Tak Pernah Dapat Panggilan Kerja? Ini Alasannya

Benarkah PNS Adalah Pekerjaan Paling Ideal?


Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami