Bukan Hanya Gaji. Ini 6 Keuntungan Bekerja di Luar Negeri | Qerja

Bukan Hanya Gaji. Ini 6 Keuntungan Bekerja di Luar Negeri

Qerja, 3 years ago
Bukan Hanya Gaji. Ini 6 Keuntungan Bekerja di Luar Negeri

Banyak orang yang memutuskan untuk bekerja di luar negeri ketimbang mencari pekerjaan di dalam negeri. Alasannya beraneka ragam, misalnya ingin mendulang gaji yang lebih besar atau mencari pengalaman kerja yang mungkin tidak sama dengan bekerja di negara sendiri.

Tentunya untuk bekerja di luar negeri tak semudah bekerja di tanah Air. Ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi si calon pekerja. Selain kemampuan berbahasa, Anda juga dituntut untuk mumpuni dan profesional dalam menguasai bidang pekerjaan yang Anda pilih.

Yup, karena Anda bukan saja mencari nafkah, tetapi juga membawa nama baik bangsa.

Nah, berikut ada lima keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan bekerja di mancanegara selain gaji yang lebih tinggi. Beberapa keuntungan ini juga berhubungan dengan peningkatan karier saat Anda kembali ke tanah air:

1. Lebih Mandiri
Sendirian di negeri orang memang menuntut Anda harus mandiri dan siap mengerjakan apa pun tanpa ketergantungan pada orang lain. Berbeda jika Anda di negeri sendiri di mana Anda punya banyak teman, kenalan, saudara, dan juga orangtua yang bisa dimintai bantuan.

Dengan hidup mandiri, Anda akan menjadi lebih tangguh dan bahkan mungkin kreatif. Anda juga akan mudah beradatasi dengan lingkungan yang pastinya berbeda dengan di negara sendiri.

2. Terbiasa Profesional
Keuntungan kedua yang bisa Anda dapatkan adalah terbiasa bekerja lebih profesional. Profesional dalam hal ini adalah bekerja dengan serius, tidak korupsi waktu, atau datang ke kantor dalam kondisi selalu terlambat.

Bekerja di luar negeri memang menuntut Anda untuk selalu disiplin dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan, karena budaya masyarakat dan budaya perusahaan di sana biasanya tidak sesantai di Indonesia. Bila Anda bekerja suka-suka, percayalah, kontrak Anda tidak akan bertahan lama.

3. Makin Lancar Berbahasa Asing
Anda akan lebih percaya diri berbahasa asing karena Anda tidak punya pilihan bahasa lain dalam berkomunikasi. Seringnya berdialog dan bercakap-cakap bisa memperlancar Anda berbahasa asing. Kalau sebelumnya Anda terkesan kaku, namun lama-lama Anda akan lancar dengan sendirinya. Apalagi kalau sudah memiliki banyak teman dan sudah beradaptasi.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next