Tujuh Hal yang Bikin Karyawan Loyal Pada Perusahaan | Qerja

Tujuh Hal yang Bikin Karyawan Loyal Pada Perusahaan

Qerja, 5 years ago
Tujuh Hal yang Bikin Karyawan Loyal Pada Perusahaan

Uang dan gaji bukanlah satu-satunya yang bisa membuat karyawan loyal pada perusahaannya. Meski ditawari gaji yang lebih besar di tempat lain, ada banyak karyawan yang memilih bertahan di tempat kerjanya yang sekarang karena mereka merasa sudah bahagia di sana.

Namun, membuat karyawan loyal dan betah di perusahaan itu tidaklah gampang. Berikut ini tujuh hal yang bikin karyawan loyal pada perusahaan selain gaji yang memuaskan: 

1. Bos yang Baik dan Konsisten

Bila Anda menjadi seorang atasan, maka selain tegas dan berwibawa Anda juga harus pandai mengambil hati para karyawan. Salah satunya dengan cara berinteraksi dan bersimpati bila ada masalah yang dihadapi karyawan. Jangan cuma galak dan berlaku bossy saja.

Anda juga harus konsisten terhadap janji pada karyawan. Misalnya Anda menjanjikan kenaikan gaji, maka tunaikan janji itu. Jangan sampai Anda menjadi bos yang PHP alias pemberi harapan palsu.

2. Hubungan Baik Antar Karyawan 

Persaingan kerja di suatu perusahaan adalah hal yang biasa. Namun bila persaingan yang terjadi tidak sehat, sikut-sikutan, dan menghalalkan segala cara, maka para karyawan tidak akan betah. Lebih parah lagi jika si bos pilih kasih dan menciptakan kondisi bekerja yang tidak fair dengan karyawan lain

Hubungan baik di kantor itu bukan hanya antara bos dengan karyawan, tetapi juga antar karyawan itu sendiri.

3. Mendapat Kepercayaan dan Kesempatan?

Bagi seorang karyawan, peluang yang diberikan perusahaan adalah hal yang penting dan selalu ditunggu-tunggu. Karena itu atasan harus memberi kesempatan pada karyawan untuk mengerjakan proyek besar yang penuh tantangan.

Kesempatan dan kepercayaan itu akan membuat seorang karyawan tetap loyal pada perusahaan.

4. Penghargaan

Karyawan yang bekerja keras demi memajukan perusahaan haruslah diberi penghargaan atas jerih payahnya. Penghargaan bisa berupa pujian, bonus, kompensasi, insentif, atau bahkan hari libur tambahan. Jika tim Anda baru saja sukses menyelesaikan suatu proyek atau pekerjaan, ajak mereka makan-makan di sebuah restoran atau outing seru meski satu hari saja. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next