Tak Perlu Minder. Ini 5 Kelebihan Lulusan Dalam Negeri | Qerja

Tak Perlu Minder. Ini 5 Kelebihan Lulusan Dalam Negeri

Qerja, 4 years ago
Tak Perlu Minder. Ini 5 Kelebihan Lulusan Dalam Negeri

Harus diakui, di ketatnya pencarian kerja, pelamar lulusan luar negeri biasanya lebih dilirik ketimbang yang lulusan dalam negeri. Alasannya bermacam-macam, mulai dari soal penguasaan bahasa asing asing, profesionalisme, hingga kualitas pendidikan.

Namun apakah memang benar karyawan yang berpendidikan dalam negeri kurang “bermutu” dibanding yang lulusan luar negeri?

Tentu saja tidak. Saat ini banyak sekali universitas di Indonesia yang memiliki standar pendidikan yang tidak kalah dengan luar negeri. Soal kemampuan bahasa asing? Tidak juga. Banyak kok universitas di Indonesia yang memberlakukan bahasa asing saat dalam kelas. Apalagi kini pendidikan bahasa Inggris di Indonesia sudah dimulai sejak sekolah dasar. 

Jadi, jika Anda dulu kuliah di kampus dalam negeri, Tim Qerja.com merangkum lima alasan kenapa Anda tak perlu minder bersaing dengan mereka yang lulusan luar negeri.

1. Pendidikan Mudah Diaplikasikan

Yup, universitas di Indonesia memiliki konten lokal yang penerapannya sesuai dengan situasi nyata di Indonesia. Ini membantu lulusan pendidikan dalam negeri mengenal Indonesia dan permasalahannya dengan baik.

Misalnya, untuk perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, maka sarjana pertanian lulusan dalam negeri paling cocok untuk perusahaan itu karena dia tahu bagaimana kondisi pertanian di Indonesia, bagaimana bisnisnya, dan apa saja hambatannya. Begitu pun dengan sarjana hukum, yang lulusan Indonesia tentu akan lebih tahu hukum Indonesia dibanding lulusan sekolah hukum luar negeri.

2. Menguasai Bahasa Lokal

Tidak semua perusahaan menempatkan karyawan di Jakarta. Terkadang mereka juga merekrut karyawan untuk di tempatkan di daerah-daerah luar kota besar. Karyawan yang bisa berbahasa lokal dengan lancar akan lebih mudah beradaptasi dan tahu kondisi kedaerahan di tempat tersebut, yang nantinya akan menguntungkan perusahaan.

3. Jaringan Teman yang Luas

Kuliah di manapun tentunya akan menghasilkan jaringan yang cukup luas dengan mantan teman kuliah atau alumni kampus mereka. Bedanya, dengan kuliah di Indonesia, jaringan Anda biasanya lebih banyak dan semuanya terpusat di Indonesia. Ini akan memudahkan Anda dalam mencari kerja di Indonesia karena jaringan alumni biasanya bahu membahu membantu anggotanya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Anda juga akan lebih mudah mendapat info dari teman tentang lowongan pekerjaan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next