Lima Etiket Yang Harus Dipatuhi Saat Menolak Tawaran Kerja | Qerja

Lima Etiket Yang Harus Dipatuhi Saat Menolak Tawaran Kerja

Qerja, 5 years ago
Lima Etiket Yang Harus Dipatuhi Saat Menolak Tawaran Kerja

Jangan sampai Anda memperoleh reputasi tertentu dalam industri Anda hanya karena Anda bersifat tidak profesional saat menolak sebuah tawaran kerja. Anda tidak pernah tahu jika suatu hari Anda akan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut atau mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan mereka. Tim Qerja.com mengumpulkan beberapa aturan yang perlu Anda cermati saat menolak tawaran kerja.

1. Segera Memberi Respon

…agar pihak perusahaan punya cukup waktu untuk mengabari kandidat lain atau mengadakan sesi wawancara baru. Idealnya beberapa hari hingga seminggu setelah penawaran kerja, Anda boleh menyampaikan penolakan Anda. Baiknya melalui email, surat, atau telepon? Tidak ada salahnya jika Anda ingin lebih praktis dan mengirim penolakan tertulis, namun Anda akan memberi kesan baik jika Anda meluangkan waktu untuk langsung menelepon rekruiter.

2. Memberi Alasan Jujur dan Singkat

Ucapkan terima kasih pada individu yang terlibat dalam proses wawancara dan beri alasan mengapa Anda menolak tawaran kerja tersebut. Anda tidak perlu memberikan detail panjang atau alasan yang bersifat personal, misalnya jika Anda menolak karena mendengar atasan di perusahaan itu galak atau Anda tidak sreg dengan ukuran kantor yang sempit.

3. Menjaga Komunikasi dan Hubungan Baik

Industri mana pun Anda bekerja, yakinlah kalau informasi mengenai kandidat atau pegawai yang berkelakuan buruk akan beredar dengan cepat, termasuk mereka yang tidak berprilaku profesional saat menolak tawaran kerja. Jangan lupa, interaksi Anda dengan rekruiter juga merupakan kesempatan untuk membangun jaringan koneksi yang akan membantu Anda di perjalanan karier Anda nanti. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next