Lima Tanda Anda Akan Dipecat | Qerja

Lima Tanda Anda Akan Dipecat

Qerja, 5 years ago
Lima Tanda Anda Akan Dipecat

PHK itu seperti hubungan asmara yang memburuk. Kadang Anda bisa melihat sendiri tanda-tandanya dari jauh-jauh hari, namun kadang kala Anda tidak sadar dan tiba-tiba saja Anda diputuskan pacar atau dipanggil ke kantor bos. Tanda-tanda di bawah ini bukan hal yang pasti bahwa Anda akan dipecat, tapi menurut Tim Qerja, jika Anda mengenali satu atau lebih sehari-hari, siap-siap rombak CV Anda untuk dikirimkan ke perusahaan baru.

1. Beban Pekerjaan Anda Semakin Sedikit

Apakah Anda masih ingat hari-hari ketika Anda sibuk bukan main hingga tidak sempat makan siang? Kini semua hanya jadi kenangan karena hari demi hari, Anda makin jarang mendapat proyek baru. Salah satu tanda yang berhubungan adalah jika porsi pekerjaan yang biasa menjadi tanggung jawab Anda mulai diberikan pada rekan kerja atau malah pegawai baru. Bisa jadi atasan Anda sedang mempersiapkan orang tersebut untuk jadi pengganti Anda.

Anda boleh jadi berpikir, enak dong, kerja jadi santai? Jika Anda tidak keberatan masuk ke zona bahaya, ya tidak apa-apa, silakan nikmati kursi kantor yang nyaman selagi Anda masih punya pekerjaan.

2. Hubungan Anda dan Atasan Memburuk

Biasanya Anda dan atasan lumayan dekat—oke, setidaknya Anda tidak pernah terkena konflik dengan beliau. Sekarang interaksi positif Anda dan beliau berkurang dan sedikit-sedikit, Anda diomeli, ide Anda tidak diacuhkan, dan pertanda lainnya. Mungkin beliau hanya sedang banyak pikiran, beliau sedang sibuk, tapi kata kuncinya di sini adalah “dulu tidak begitu”.

Bila Anda ingin mempertahankan pekerjaan Anda, berusahalah sebaik mungkin untuk selalu berhati-hati dalam mengerjakan pekerjaan Anda karena sedikit kesalahan saja bisa menjadi alasan bagi beliau untuk memecat Anda. Tentu saja Anda tidak bisa bekerja sambil selalu gelisah memikirkan kapan Anda akan dipecat. Mulailah mencari jalan keluar jika tanda-tandanya sudah tampak jelas.

3. Anda Tidak Diikutkan Dalam Percakapan dan Rapat Penting

Bila Anda tidak lagi terlibat dalam berbagai meeting untuk membahas proyek dan goals, atau bahkan Anda tidak lagi termasuk penerima email yang berisi progres proyek, Anda boleh mulai was-was. Pihak perusahaan tidak ingin Anda terlalu terlibat dalam proyek-proyek penting karena, well, waktu Anda di perusahaan tidak akan cukup lama untuk membantu menyelesaikannya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next