Lama Cuti Melahirkan di Berbagai Negara | Qerja

Infografik: Lama Cuti Melahirkan di Berbagai Negara di Dunia

Qerja, 4 years ago
Infografik: Lama Cuti Melahirkan di Berbagai Negara di Dunia

Mendapatkan buah hati tentunya merupakan salah satu hal yang dinantikan oleh banyak wanita. Bisa terus berdekatan dan menjaga buah hati juga pasti merupakan keinginan para wanita yang baru melahirkan. Jika Anda adalah seorang ibu yang bekerja, apakah Anda yakin bahwa perusahaan tempat Anda bekerja sudah memberikan hak cuti melahirkan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku?

Di Indonesia, perihal cuti melahirkan diatur dalam Undang-undang tentang Ketenagakerjaan, Pasal 82 Undang-Undang No.13/ 2003 yang menyatakan bahwa cuti melahirkan adalah selama 1,5 bulan masa istirahat sebelum waktu persalinan yang diperkirakan oleh seorang dokter kandungan atau seorang bidan, dan 1,5 bulan setelah persalinan tersebut. Selain itu, seorang pekerja wanita yang mengalami keguguran juga berhak mendapatkan masa istirahat selama 1,5 bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan.

Jika perusahaan atau tempat Anda bekerja menolak memberikan jatah cuti melahirkan seperti yang tertera di atas, maka tampat bekerja sudah melanggar undang-undang. Waktu cuti yang cukup lama juga tidak berarti Anda tidak berhak terhadap gaji Anda. Dalam Pasal 84 Undang-undang No.13/ 2003 disebutkan bahwa selama masa cuti hamil dan melahirkan (3 bulan), pekerja wanita tersebut tetap menerima gajinya secara utuh dari pemberi kerja/perusahaan.

Bagi seorang yang baru saja mendapatkan buah hati, cuti selama tiga bulan tentunya masih terasa kurang. Namun Anda harus bersyukur karena ternyata masih banyak negara lain yang memberikan jatah cuti melahirkan kurang dari tiga bulan. Singapura contohnya, negara maju ini ternyata hanya memberikan jatah cuti melahirkan sebanyak 56 hari kepada pegawai wanitanya. Sementara Uni Emirat Arab malah hanya memberikan jatah cuti melahirkan sebanyak 45 hari saja.

Namun ada juga beberapa negara yang memberikan jatah cuti melahirkan yang bisa membuat iri para pegawai wanita di Indonesia. Brunei Darussalam memberikan lama cuti 105 hari sementara Viet Nam memberikan waktu cuti selama 180 hari. Sementara itu Negeri Kanguru, Australia memberikan hak cuti melahirkan selama 365 hari walaupun tanpa pembayaran gaji.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak infografik berikut tentang lama cuti melahirkan di berbagai negara di dunia.

INFOGRAFIK LAIN:

Berapa Gaji Jokowi vs Gaji Pemimpin Negara Lain di Asia Tenggara?

Perbandingan Lama Cuti Tahunan di Berbagai Negara

10 Perusahaan Dengan Gaji Terbesar untuk Management Trainee

Foto: Flickr.com/photos/penumbra



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next