Empat Keuntungan Bekerja Dengan Kolega Yang Tidak Anda Sukai | Qerja

Empat Keuntungan Bekerja Dengan Kolega Yang Tidak Anda Sukai

Qerja, 5 years ago
Empat Keuntungan Bekerja Dengan Kolega Yang Tidak Anda Sukai

Siapa sih, yang ingin bekerja dengan orang yang tidak mereka sukai? Bukankah lebih menyenangkan kalau semua rekan kerja adalah teman Anda? Sebelum Anda mengangguk setuju, coba pertimbangkan kemungkinan bahwa bekerja berdampingan dengan kolega yang tidak ingin Anda jadikan teman sebetulnya dapat memberi keuntungan dari segi kemajuan karier. Asal Anda saling menghormati satu sama lain, Anda tidak perlu menjadi teman baik atau bahkan saling menyukai.

Berikut beberapa keuntungan bekerja dengan kolega yang tidak Anda sukai.

1. Tidak Khawatir Terlibat Dilema

Jika Anda tidak menyukai kolega Anda, kecil sekali kemungkinan Anda akan berteman dengannya dan ini sama sekali bukan sesuatu yang buruk! Anda tidak perlu merasa “nggak enakan” ketika harus memberi feedback atau saat bersaing untuk mendapat promosi. Anda juga tidak akan merasa bersalah atau tidak nyaman jika Anda atau si kolega menduduki posisi jabatan lebih tinggi.

2. Perspektif Berbeda

Ketika Anda bersosialisasi, entah sadar atau tidak, Anda cenderung memilih untuk lebih dekat atau berteman dengan individu yang menyukai hal-hal yang sama dan punya pendapat yang sama dengan Anda. Sebetulnya hal ini malah merugikan Anda secara profesional karena pandangan Anda tidak akan berkembang dan hanya terbatas pada satu sisi.

Jika rekan kerja memiliki pandangan berbeda dan menantang ide Anda, Anda berkesempatan untuk melihat hal dari sudut pandang berbeda pula, dari titik kelemahan Anda hingga kesalahan di ide Anda yang tidak terpikirkan sebelumnya. Kolaborasi pola pikir berbeda ini terutama akan memberi keuntungan jika Anda bekerja dalam satu tim.

Andy Zain, Managing Director Mountain Kejora Ventures dan tokoh Star Leader Qerja juga menekankan pentingnya rekan kerja yang punya cara pandang yang berbeda dengan Anda untuk kesuksesan karier maupun bisnis.

3. Fokus Pada Karier

Ketika Anda berteman dengan rekan kerja, kadang kala fokus Anda di tempat kerja bisa bergeser dan garis antara hubungan personal dan profesional menjadi kabur. Anda tentu tidak berniat berteman dengan individu yang tidak Anda sukai, jadi Anda tenang saja: Anda tidak akan menunda pekerjaan karena sibuk bergosip dengannya di pantry atau saling berbincang sewaktu kerja untuk merencanakan acara akhir pekan. Hubungan Anda dan rekan kerja murni bersifat profesional dan interaksi hanya seputar masalah kantor atau bisnis.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next