6 Kebiasaan Penyebab Stress dan Cara Mengatasinya | Qerja

6 Kebiasaan Penyebab Stress dan Cara Mengatasinya

Qerja, 4 years ago
6 Kebiasaan Penyebab Stress dan Cara Mengatasinya

Tempat kerja adalah sarang stress dan kadang kala, sumbernya berasal dari kebiasaan kerja Anda sendiri. Tanpa Anda sadari, Anda mungkin telah menciptakan tekanan kerja berlebihan yang menyebabkan stress dengan salah satu kebiasaan di bawah ini.

1. Menunda Pekerjaan

Anda pasti sudah familiar dengan degup jantung meningkat dan keringat dingin yang mengalir saat tenggat waktu mendekat dan Anda belum juga menyelesaikan pekerjaan. Ada banyak alasan mengapa Anda menunda pekerjaan dan Anda tahu Anda seharusnya mulai SAAT INI JUGA, tapi entah mengapa sulit sekali menyingkirkan kebiasaan ini.

Solusinya: Jika Anda merasa tugas Anda terlalu sulit atau terlalu banyak untuk dikerjakan, coba pecahkan menjadi beberapa potong tugas kecil dan lakukan satu demi satu. Satu trik universal yang bisa Anda coba adalah menentukan sebuah tenggat waktu yang lebih awal dari tenggat waktu asli. 

2. Menuntut Kesempurnaan

Moto hidup Anda mungkin hanya satu: Tidak boleh ada satu nila yang merusak sebelanga susu. Semua harus sempurna! Tidak jarang Anda sampai mengulang-ulang pekerjaan hingga Anda merasa sudah mencapai standar Anda yang luar biasa tinggi. Kadang kala Anda juga menuntut orang di sekeliling Anda untuk memiliki standar tinggi yang sama.

Solusinya: Daripada Anda menyiksa diri karena satu titik yang menurut Anda kurang sempurna, mengapa tidak fokus pada usaha Anda atau kolega menyelesaikan tugas dengan baik dan aspek-aspek lain yang seharusnya Anda banggakan? Ingat, Anda bukan satu-satunya yang mampu menilai kualitas karya Anda dan semua orang punya standar berbeda-beda.

3. Mengiyakan Semua Pekerjaan Yang Diberikan Pada Anda

Entah karena segan menolak, padahal Anda hampir tenggelam di balik tumpukan pekerjaan Anda sendiri. Terkadang Anda malah terpaksa lembur untuk menyelesaikan semuanya.

Solusinya: Jika Anda tidak bisa menolak langsung, negosiasikan jumlah beban kerja atau tenggat waktu, terutama jika pekerjaan yang dihibahkan pada Anda sebetulnya tidak termasuk dalam tanggung jawab Anda.

4. Terlalu Pasrah Dengan Kondisi Kerja Yang Tidak Ideal

Kolega yang menyebalkan, bos yang kelewat menuntut, atau tempat kerja tidak menyenangkan memang sesuatu yang sulit dihindari. Mungkin Anda berpikir ya sudahlah, sabar sedikit, yang penting Anda fokus bekerja. Padahal menurut riset yang dilakukan oleh Cambridge University, hubungan interpersonal di tempat kerja yang kurang ideal adalah salah satu kontributor stress terbesar di tempat kerja. Jika tidak mengambil langkah untuk mengatasinya, lama-kelamaan Anda akan merasa tertekan karena harus berada di lingkungan yang tidak kondusif berjam-jam dalam sehari.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next