6 Kebiasaan Penyebab Stress dan Cara Mengatasinya

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago

Solusinya: Setiap orang tentu punya prioritas berbeda, namun jika kesehatan fisik dan mental Anda mulai terganggu karena lingkungan kerja tidak mendukung, coba hampiri departemen HR untuk membahas permasalahan serius. Tidak ada yang mewajibkan Anda untuk bertahan bekerja di tengah kondisi kerja yang buruk.

5. Overthinking

Anda sering memikirkan kembali keputusan dan langkah yang Anda ambil bahkan jauh sesudah proyek atau tugas selesai. Anda terus menelisik pilihan Anda dan kesalahan. Tidak jarang Anda terus menerus berpikir "Andaikan..." dan mempertanyakan ulang sampai sebelum tidur.

Solusinya: Kami mengerti kalau Anda ingin mengambil keputusan yang tepat seperti si perfeksionis di nomor 2. Jika Anda telah melakukan persiapan dan riset yang memadai, yakinlah pada diri sendiri bahwa Anda telah melakukan pilihan yang benar saat itu. Setelah proyek atau tugas selesai, stop memikirkan hal-hal yang tidak bisa diulang kembali karena hanya akan menambah stress tidak perlu. Anda boleh merefleksikan kesalahan untuk dipelajari sebagai pengalaman, tapi jangan sampai Anda tidak bisa move on.

6. Kurang Proaktif

Anda merasa kalau Anda bekerja dengan baik, bos juga akan memperhatikan, hanya saja Anda tidak kunjung dipromosi atau mendapat kenaikan gaji. membuat Anda frustrasi karena merasa kurang diapresiasi padahal mungkin Anda hanya perlu bertanya.

Solusinya: Apa yang Anda inginkan, go for it. Terkadang, tidak ada yang akan menawarkannya pada Anda jika Anda tidak aktif mengejarnya. Ingat saja Anda juga harus siap dengan bukti-bukti bahwa memang sudah saatnya Anda mendapat kenaikan gaji atau dipromosi.

BACA JUGA:

7 Benda yang Bisa Membantu Mengusir Stress di Kantor

6 Kegiatan Produktif yang Bisa Anda Lakukan Saat Sedang Malas Kerja

6 Alasan Tetap Bertahan di Pekerjaan yang Tak Anda Suka 


Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami