Siklus Menstruasi Mempengaruhi Produktivitas Wanita | Qerja

Siklus Menstruasi Mempengaruhi Produktivitas Wanita

Eka Utami, 4 years ago
Siklus Menstruasi Mempengaruhi Produktivitas Wanita

Siklus menstruasi ternyata berpengaruh pada kemampuan seorang perempuan dalam menyelesaikan pekerjaan. Pegawai wanita bisa sangat bersemangat dan mengerjakan tugas lebih baik selama pra-menstruasi. Namun, mereka akan mengeluh sakit dan menjadi tidak produktif pada masa datang bulan. Berikut penjelasan tetang hubungan siklus bulanan dan produktivitas kerja seorang wanita yang disarikan dari theguardian.com dan concordia.ca.

Masa Ovulasi dan Pra Menstruasi

Dr Daniel Glaser dari King’s College London menyatakan hormon seks pada wanita yaitu estrogen dan progesteron berpengaruh pada kerja otak. Menurut situs alodokter.com, hormon estrogen berkaitan dengan daya ingat pada otak. Sementara progesteron mendukung perkembangan sel saraf pada otak dan berperan melindungi jaringan otak dari kerusakan.

Namun, lanjut Dr Glazer, reaksi tubuh wanita terhadap perubahan hormon berbeda-beda. Sehingga, ada wanita yang merasa bersemangat sepekan sebelum datang bulan, ada pula yang bisa bekerja dengan baik saat ovulasi setelah masa menstruasi. Pernyataan ini sejalan dengan penelitian Profesor Wayne Brake dari Universitas Concordia, Quebec tentang pengaruh estrogen dan progesteron pada memori dan daya penyelesaian masalah. Menurut hasil study Profesor Brake, wanita yang sedang dalam masa ovulasi sangat baik mengerjakan tugas verbal seperti mengingat daftar kata-kata. Sementara wanita yang sedang dalam tahap pra-menstruasi menjadi lebih pandai dalam navigasi spasial sehingga bisa menyelesaikan permainan labirin dalam video game.

Penelitian Profesor Brake menunjukkan bahwa estrogen dan progesteron pun mempengaruhi sisi otak yang berbeda-beda. Maka, ada wanita yang lebih hebat mengerjakan tugas yang berhubungan dengan ingatan verbal. Selain itu, ada pula wanita yang lebih baik dalam memecahkan masalah.

Masa Datang Bulan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next