Apa Itu Marketing dan Keterampilan yang Harus Dimiliki | Qerja

Apa Itu Marketing dan Keterampilan yang Harus Dimiliki

Eka Utami, 4 years ago
Apa Itu Marketing dan Keterampilan yang Harus Dimiliki

Dunia marketing bisa sangat menarik jika Anda menyukainya. Bidang ini menawarkan ruang berkreasi yang tak terbatas. Anda dituntut untuk bisa berpikir out of the box agar bisa memasarkan suatu produk. Selain itu, bidang ini juga cocok untuk Anda yang suka tantangan. Anda akan merasa sangat puas setiap kali bertahan di bawah tekanan waktu, memenuhi permintaan klien yang bermacam-macam dan menaklukan proyek sesuai rencana.

Jika Anda benar menyukai marketing, cobalah berkarier di bidang ini. Namun, sebelum melangkah lebih jauh,  hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami pekerjaan Anda kelak. Pertanyaan pertama: Apa itu marketing?

Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (AMA/American Marketing Association), marketing adalah aktivitas, pengaturan dan proses untuk mengerjakan, mengomunikasikan, menyampaikan  dan bertukar penawaran yang bernilai untuk pelanggan, klien, mitra dan masyarakat pada umumnya. Jika menilik dari pengertian di atas, pekerjaan di bidang pemasaran bukanlah hal yang mudah. Anda bukan hanya sekeedar berjualan produk tapi lebih kepada pengaturan strategi.

Nah, setelah Anda terbayang tentang pekerjaan di dunia marketing, kini saatnya berusaha belajar memperbaiki diri agar menjadi ahli pemasaran yang handal. Berikut daftar keterampilan yang harus ada dalam diri seorang marketer seperti dikutip dari thebalance.com

Kemampuan berkomunikasi
Dalam dunia marketing, Anda akan bertemu dan bicara dengan banyak orang dari berbagai level. Penyampaian strategi, pemikiran dan proses pengerjaan dengan cara yang tepat adalah kunci kesuksesan Anda. Pastikan Anda menguasai keterampilan berkomunikasi sehingga klien bisa memahami dan menerima usulan yang disampaikan.

Menguasai public speaking
Saat mendapat proyek seperti kampanye dan inisiasi pemasaran baru, Anda akan ditantang untuk menyampaikan ide kepada klien. Maka Anda harus memiliki keahlian berbicara di depan umum. Anda harus percaya diri saat berbicara di depan “penonton”. Anda juga harus siap menghadapi pertanyaan spontan yang disampaikan di ruangan meeting. Selain itu, Anda harus menguasai software untuk presentasi seperti Powerpoint dan Prezi.

Kemampuan menulis
Seorang ahli pemasaran harus memiliki kemampuan menulis yang kuat, baik dalam bahasa formal maupun informal. Anda harus bisa mencetuskan tagline singkat dan mudah diingat untuk membuktikan kreativitas diri. Anda juga mesti memahami tata bahasa yang baik untuk menunjukkan diri sebagai pemimpin yang baik.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next