Etika Untuk Pegawai Sakit Flu: Masuk Kerja atau Izin Sakit? | Qerja

Etika Untuk Pegawai Sakit Flu: Masuk Kerja atau Izin Sakit?

Qerja, 5 years ago
Etika Untuk Pegawai Sakit Flu: Masuk Kerja atau Izin Sakit?

Hidung meler, bersin-bersin, nyeri tenggorokan, badan pegal, pusing, dan mungkin sedikit demam?

Terdengar familiar? Yup, Anda terkena flu. Saat terbangun di pagi hari dengan kepala berdenyut dan tampang merana, Anda ragu sejenak: masuk kerja atau cuti, ya? Masa bersin-bersin sedikit saja sudah minta izin? Anda tidak ingin memberi kesan bahwa Anda manja. Mungkin juga Anda khawatir meninggalkan pekerjaan bertumpuk di kantor. Untuk membantu Anda memutuskan, coba pertimbangkan dua hal ini:

Apakah Anda bekerja di posisi yang mengharuskan Anda berkomunikasi langsung dengan klien atau konsumen?

Apakah Anda bekerja di dekat kolega?

Jika Anda menjawab “ya” untuk keduanya, Anda lebih baik minta izin sakit dan tetap di rumah. Pertama-tama, cara utama untuk menyembuhkan flu secara alami adalah dengan minum air secukupnya dan banyak istirahat. Anda memang bisa makan obat flu, tapi penyembuhan tetap butuh proses, bukan? Dengan cuti sakit dan mengambil waktu untuk rehat, Anda akan segera pulih dan dapat lebih cepat kembali bekerja. 

Selain itu, flu adalah penyakit menular. Dengan berada di sekitar kolega saat Anda sedang sakit, Anda akan menyebar virus ke kolega Anda, bahkan keluarga dan teman kolega. Perusahaan dengan manajemen dan budaya kerja yang baik juga akan cenderung lebih berharap pegawai sakit untuk cuti karena Anda tidak bisa bekerja dengan optimal ketika sakit. Ini terutama berbahaya jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk fokus dan teliti.

Terlebih lagi, bila virus flu menyebar di kantor, produktivitas di tempat kerja secara keseluruhan akan menurun jika para pegawai lainnya juga sakit. Pekerjaan yang tertinggal bisa sementara dialihkan pada pegawai lain hingga Anda sehat kembali.

Namun untuk Anda yang nekat atau sudah keburu menghabiskan jatah cuti, ada beberapa etiket yang perlu Anda cermati jika berencana pergi ke kantor dalam kondisi sakit flu:

1. Hindari Kontak Fisik



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next