Panduan Memilih Foto Profil Linkedin | Qerja

Panduan Memilih Foto Profil Linkedin

Eka Utami, 3 years ago
Panduan Memilih Foto Profil Linkedin

Media sosial profesional seperti LinkedIn bisa membantu Anda mendapat pekerjaan dan membangun jaringan. Melalui platform ini, Anda bisa terhubung dengan orang-orang seperti manajer dari perusahaan impian atau head hunter. Untuk itu, Anda harus membuat kesan yang baik di media sosial. Salah satu caranya dengan menampilkan foto profesional yang membuat Anda mudah dikenali. Begini cara mengambil foto untuk media sosial profesional seperti dikutip dari thebalance.com.

Pilih fotografer yang tepat

Fotografer bisa membuat Anda mendapat gambar yang bagus. Jangan berpikir itu mahal dulu. Anda tidak perlu seorang profesional untuk sekadar membuat foto untuk media sosial. Anda bisa meminta keluarga atau teman dekat yang mengerti cara menggunakan kamera dengan benar untuk memotret. Pilihlah orang yang bisa membuat Anda tersenyum dengan alami. Sebuah foto dengan senyuman hangat dan bersahabat membuat orang lain ingin berteman dengan Anda. Setelah teman mengambil gambar, Anda bisa memintanya untuk memilih foto terbaik untuk dipasang di LinkedIn.

Namun, jika tidak ada orang yang bisa meembantu untuk sesi pemotretan, Anda bisa mengambil gambar diri dengan kamera yang ada di laptop. Bila Anda ingin memotret diri sendiri, sebaiknya jangan menggunakan kamera depan telepon seluler. Foto selfie semacam itu seringkali menghasilkan gambar yang tampak tidak profesional.

Foto wajah close up

Foto yang muncul pada laman media sosial LinkedIn berukuran kecil. Jadi Anda harus menampilkan foto yang memperlihatkan bagian kepala, leher dan sedikit bahu. Jika Anda menampilkan foto seluruh badan, maka wajah Anda akan tampak terlalu kecil dan sulit dikenali.

Kenakan pakaian profesional

LinkedIn adalah platform media sosial yang profesional. Maka pastikan foto yang diunggah sesuai dengan bidang kerja Anda. Pakailah busana kerja yang rapi dengan menggunakan kemeja, blus, dasi atau jas. Semua jenis pakaian tersebut menutupi bagian bahu Anda. Hindari penggunaan baju dengan kerah lebar atau model sabrina yang akan memperlihatkan area bahu lebih banyak. Sebab, pakaian tersebut akan membuat Anda tidak tampak profesional.

Pakaian yang Anda pilih sebaiknya berwarna gelap yang solid seperti biru tua atau hitam. Sehingga membuat gambar Anda menjadi lebih tegas. Berpakaian profesional berarti tampak rapi dan bersih. Hindari penggunaan aksesoris berlebihan, make up tebal dan tatanan rambut yang aneh-aneh.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next