Bagaimana Rasanya Bekerja di Luar Angkasa? | Qerja

Bagaimana Rasanya Bekerja di Luar Angkasa?

Steffi Teowira, 3 years ago
Bagaimana Rasanya Bekerja di Luar Angkasa?

Lingkungan kerja yang dihadapi para astronot sehari-hari mungkin sebetulnya tidak seekstrim yang ditampilkan film-film Hollywood, tapi pekerjaan ini memang bukan untuk semua orang. Pelatihan dan penyaringan yang ketat dibutuhkan untuk mempersiapkan para individu yang akan menjalani salah satu pekerjaan yang paling menarik ini secara fisik dan mental.

Walau begitu, jika ditelisik lebih dalam, para astronot yang bekerja di luar angkasa sebetulnya tidak jauh berbeda dengan Anda yang bekerja menapak bumi: sama-sama pegawai menghadapi tantangan kerja, mendapat gaji, dan punya waktu istirahat. Kira-kira bagaimana rasanya bekerja di luar angkasa?

 

1. Pekerjaan Astronot

Para astronot di Stasiun Luar Angkasa NASA bekerja sekitar 16 jam sehari dan harus selalu aktif 24 jam jika dibutuhkan. Menurut laman NASA, sederhananya, para kru umumnya melakukan eksperimen sains di lingkungan minim gravitasi dan memonitor kondisi Stasiun Luar Angkasa. Mereka banyak melakukan pengecekan sistem, pembersihan filter, perbaikan komputer dan platform orbit Stasiun Luar Angkasa.

space_station_over_earth Cropped
Stasiun Luar Angkasa NASA

Selain itu, mereka juga melakukan eksperimen medis dan terus memonitor pengaruh lingkungan rendah tekanan terhadap kondisi fisik mereka sendiri.

 

2. Tantangan saat bekerja

Terlepas dari risiko kesehatan yang mereka hadapi, pekerjaan seorang astronot sama sekali tidak mudah. Bekerja di lingkungan tanpa gravitasi mengurangi fleksibilitas pergerakan para astronot sehingga hal sekecil membuka tutup botol saja bisa memakan waktu berjam-jam.

Mereka umumnya bekerja menggunakan sarung tangan EVA yang mengurangi sensitivitas tangan. Karenanya, ketika mengenakan sarung EVA, mereka kesulitan memperkirakan tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Imbasnya, hal ini sering menyebabkan cedera pada tangan para astronot, belum lagi risiko kehilangan kelembaban di jari-jemari dan bakteri dari pemakaian yang berkepanjangan.

Star-Trek-Mission-NY-G14B Cropped
sarung tangan EVA


Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next