Ask the Expert: Sampai Kapan Menanti Kabar Lamaran? | Qerja

Ask the Expert: Sampai Kapan Menanti Kabar Lamaran?

Steffi Teowira, 3 years ago
Ask the Expert: Sampai Kapan Menanti Kabar Lamaran?

“Saya baru saja lulus kuliah dari jurusan jurnalistik. Saya telah melamar pekerjaan ke beberapa stasiun TV ternama untuk posisi reporter. Sebagai fresh graduate, saya memang belum memiliki pengalaman di dunia kerja, karena itu pengalaman organisasi menjadi ‘andalan’ di CV saya.

Saya bertanya kepada teman-teman saya yang sudah menekuni dunia kerja “Berapa lama menunggu panggilan interview setelah mengirimkan CV ke perusahaaan?”. Mereka menjawab sekitar dua minggu, bahkan sebulan lebih. Mereka juga menyararankan jika dalam dua minggu tidak ada panggilan kerja, maka saya bisa menghubungi perusahaan untuk konfirmasi. Bagaimana semestinya saya menyikapi ‘penantian’ panggilan kerja ini?” – Yunisa


 

Hai Yunisa,

Proses pencarian kerja memang butuh waktu yang tidak sebentar dan juga sedikit keberuntungan. Bisa jadi kamu adalah kandidat sempurna untuk perusahaan idamanmu, tapi kebetulan mereka sedang tidak punya posisi kerja untukmu. Karena itu, jangan berhenti mencari. Silahkan terus mengirimkan lamaran ke beberapa perusahaan lain untuk memperluas pilihanmu.

Sementara menunggu, kamu harus cermat mengidentifikasi satu atau beberapa hal yang bisa memberimu keunggulan lebih, terutama dengan adanya persaingan kerja yang cukup ketat, yang mana banyak kandidat lain juga punya kredensial serupa.

Jika kamu merasa kurang pengalaman kerja menjadi halanganmu mendapat pekerjaan idaman, sementara menunggu panggilan, kamu bisa mengambil proyek kerja freelance yang bisa memperkaya CV atau mengikuti kursus untuk menambah nilai jualmu bagi perusahaan.

 

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next