6 Pemborosan Non Uang yang Biasa Dilakukan Karyawan di Kantor | Qerja

6 Pemborosan Non Uang yang Biasa Dilakukan Karyawan di Kantor

Qerja, 3 years ago
6 Pemborosan Non Uang yang Biasa Dilakukan Karyawan di Kantor

Boros tak hanya melulu soal uang. Ada banyak hal yang tidak Anda sadari sebenarnya adalah pemborosan juga, terutama saat Anda di kantor.

Pemborosan apa yang dimaksud?

1. Alat tulis kantor

Berkembangnya teknologi dan penggunaan komputer di nyaris semua fungsi di kantor memang mengurangi penggunaan ATK seperti pulpen, pensil, spidol. Namun, kebutuhan kertas dan tinta masih tinggi untuk mesin fotokopi dan printer. Belum lagi kalau karyawannya sedikit-sedikit menggunakan printer, bahkan untuk urusan pribadi.

Cara menghemat: Pastikan Anda mengecek hasil ketikan sebelum dicetak dengan printer. Untuk dokumen yang tak begitu penting, Anda juga bisa mencetaknya bolak balik, sehingga jumlah kertas bisa dihemat setengahnya.

2. Teh dan kopi

Kopi atau teh memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan siapa pun. Tak heran jika mayoritas perusahaan menyediakan kopi dan teh di pantry untuk karyawannya, Namun, selama 8 jam di kantor, tak jarang jika setiap karyawan bisa minum kopi dan teh sampai 3-4 gelas.

Cara menghemat: Pastikan menghabiskan teh dan kopi yang Anda buat, jangan karena sudah dingin Anda buat yang baru. Itu adalah pemborosan. Lebih baik lagi kalau Anda lebih banyak minum air putih ketimbang teh dan kopi karena tentunya jauh lebih sehat, terutama jika Anda lebih banyak duduk di kantor.

3. Waktu

Anda tanpa sadar mengambil waktu bekerja dengan browsing urusan pribadi di tempat kerja, seperti membaca situs gosip, belanja online, atau sibuk di website media sosial. Selain itu, Anda juga kadang melebihi waktu istirahat makan siang untuk mengobrol dengan teman kerja, atau jalan-jalan dan melakukan urusan yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan. Ini adalah pemborosan waktu, yang mengurangi jam produktif Anda di kantor.

Cara menghemat: Bekerjalah dengan efisien. Pastikan semua pekerjaan Anda selesai tepat waktu atau bahkan lebih awal, sehingga Anda bisa punya waktu luang untuk mengobrol atau browsing. Jangan sampai pemborosan waktu ini membuat pekerjaan Anda tertunda karena nantinya Anda juga yang akan rugi.

4. Tisu

Selain tisu di toilet yang sering dihambur-hamburkan, tak jarang tisu yang disediakan kantor juga digunakan untuk hal-hal lain yang sebenarnya tak perlu pakai tisu, misalnya untuk mengelap meja dan membersihkan air yang tumpah (dengan lap, kan lebih baik) atau sebagai alas makanan (kantor biasanya punya piring, kan?).

Cara menghemat: Gunakan tisu seperlunya. Kalau Anda sering mengelap muka, mengeringkan tangan, atau menyeka keringat, kenapa tidak membawa saputangan atau handul kecil dari rumah untuk disimpan di kantor? Selain lebih hemat, Anda juga bisa menjaga kelestarian lingkungan karena mengurangi sampah.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next