Persiapkan Lima Hal Ini Sebelum Menghadiri Job Fair | Qerja

Persiapkan Lima Hal Ini Sebelum Menghadiri Job Fair

Steffi Teowira, 3 years ago
Persiapkan Lima Hal Ini Sebelum Menghadiri Job Fair

Menghadiri job fair sebetulnya tidak terlalu jauh berbeda dengan sesi wawancara. Di sana, Anda akan menjumpai representasi dari masing-masing perusahaan peserta dan mencoba “menjual” keahlian Anda sebagai kandidat terbaik. Bedanya, Anda mungkin hanya punya waktu singkat untuk meninggalkan kesan baik yang bisa membuat recruiter tertarik untuk menghubungi Anda kelak.

Untuk memaksimalkan peluang Anda untuk bersinar di job fair, persiapkan dulu beberapa hal ini sebelum mengunjungi acara

1. Informasi mengenai perusahaan peserta

Cari tahu mengenai instansi apa saja yang akan bergabung dengan job fair dan buat daftar perusahaan yang menarik perhatian Anda agar waktu Anda di sana lebih efisien. Pelajari sebanyak mungkin informasi tentang perusahaan-perusahaan incaran Anda tersebut beserta posisi yang ditawarkan agar Anda dapat berkomunikasi dengan recruiter secara efisien dan mengajukan pertanyaan cerdas di penghujung sesi.

Menanyakan “Ini perusahaan apa, ya?’ adalah salah satu kesalahan terbesar yang bisa Anda lakukan di job fair. Selayaknya wawancara biasa, Anda seharusnya hadir di tempat sebagai kandidat yang siap sedia dan melakukan riset memadai.

Setidaknya, Anda bisa melakukan riset singkat dengan memanfaatkan mesin pencari di smartphone Anda.

2. Beberapa lembar CV

Sudah tahu booth perusahaan mana saja yang akan Anda kunjungi? Cetak beberapa lembar CV sebanyak yang dibutuhkan, dan sediakan persiapan CV ekstra untuk jaga-jaga. Jangan lupa sebelumnya ulas kembali CV Anda agar berisi informasi dan kontak terbaru Anda.

3. Penampilan yang apik

Dengan waktu singkat yang Anda miliki, kesan pertama benar-benar penting. Berpakaianlah seakan Anda akan menghadiri sebuah wawancara kerja, yaitu pakaian bisnis formal. Perhatikan juga detil-detil seperti kebersihan diri dan kerapian penampilan Anda.

Jangan hanya karena lokasi job fair yang terkesan lebih santai dari ruang wawancara, Anda jadi “lengah” dan memberi kesan pertama kurang profesional bagi recruiter.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next