Ask the Expert: Mencari Karier Sesuai Minat | Qerja

Ask the Expert: Mencari Karier Sesuai Minat

Steffi Teowira, 3 years ago
Ask the Expert: Mencari Karier Sesuai Minat

“Saya sudah bekerja di salah satu bank swasta selama 2 tahun sebagai IT support. Selama berkarir, saya merasa tidak nyaman dengan pekerjaan karena tidak sesuai dengan prinsip saya. Kebetulan saya lulusan jurusan IT namun saya lemah dalam pemrograman. Saya lebih tertarik membaca tentang mobil, motor, dan perkembangan teknologi daripada harus berkutat dengan pemrograman.

Saya mengalami kebimbangan apakah tetap bertahan di bank tersebut dengan perasaan setengah hati atau resign. Kalau saya memutuskan untuk resign, saya bingung mau bekerja sebagai apa dengan hanya bermodal minat saya tanpa bakat. Bagaimana caranya agar bisa mengenali bakat dalam diri saya?” – Singgih


 

Hai Singgih,

Pertama-tama, sebelum kamu mendapat pekerjaan baru, jangan keluar dulu dari pekerjaan kamu ini, agar perusahaan tidak bisa “menekanmu” dengan tawaran yang kurang ideal. Jika kamu keluar saat ini juga tanpa kepastian pekerjaan baru, kamu berisiko menjadi merasa desperate dan membuat pilihan buruk karena terdesak.

Jika kamu merasa passion-mu ada di dunia otomotif atau teknologi, kamu bisa mencoba menelusuri jalan karier yang dapat memaksimalkan minatmu sekaligus dapat menghasilkan, misalnya membuat blog atau menjadi seorang ahli terkait topik tersebut. Untuk menjadi ahli, tentu saja diperlukan dedikasi penuh untuk mendalami topik itu.

Namun di saat yang sama, idealnya kamu juga harus realistis karena masih perlu membiayai hidup. Bila hobimu bisa menjadi sumber pendapatan, silahkan diteruskan. Bila tidak, anggap saja sebagai hobi yang kamu nikmati di waktu luang.

Tapi jangan menyerah dulu. Coba membuka diri terhadap peluang baru di pekerjaanmu saat ini, misalnya dengan meminta tugas atau proyek tambahan yang bisa membukakan kesempatan dan tantangan baru. Dengan terus mengeksplorasi, siapa tahu tanpa sadar kamu akan menemukan bakat atau minatmu.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next