Sukses Mendapat Pekerjaan dari Job Fair | Qerja

Sukses Mendapat Pekerjaan dari Job Fair

Eka Utami, 3 years ago
Sukses Mendapat Pekerjaan dari Job Fair

Sebagai satu dari ratusan pencari kerja yang datang ke job fair, Anda harus tampak menonjol. Sebab, seorang manajer perekrutan bisa bertemu dengan banyak kandidat pegawai dalam sehari. Anda harus bisa memanfaatkan sesi wawancara yang hanya berlangsung dalam beberapa menit dengan optimal. Sehingga Anda bisa mendapat pekerjaan impian. Berikut tips sukses mendapatkan pekerjaan dari job fair yang disarikan dari thebalance.com.

Persiapan matang

Bukalah situs yang mempromosikan penyelenggaraan bursa kerja beberapa hari sebelum acara. Cek nama-nama perusahaan yang ikut ambil bagian dalam job fair ini. Jika Anda sudah membidik beberapa perusahaan, maka Anda bisa mendalami pengetahuan dengan membuka situs yang berisi company profile. Jadi Anda punya “bahan” saat mengobrol dengan manajer perekrutan di stan nanti. Anda bahkan bisa memperkirakan orang yang akan menjadi lawan bicara. Dengan demikian, Anda bisa lebih menonjol dibandingkan pencari kerja lain.

Setelah mencatat nama perusahaan impian, Anda bisa langsung memersiapkan CV, kartu nama dan segala perlengkapan untuk melamar kerja. Ada baiknya Anda menyiapkan berkas-berkas lebih banyak daripada daftar perusahaan incaran. Siapa tahu ada perusahaan lain yang menarik perhatian.

Mungkin Anda telah menulis semua kemampuan dan pengalaman di lembar cv. Namun, Anda bisa juga berlatih mengungkapkan rangkuman keterampilan dan pengalaman dalam beberapa kalimat. Sebab, Anda harus bisa membuat manajer perekrutan terpesona dalam waktu singkat. Sebab kesempaan Anda tak banyak dan masih banyak orang yang mengantri di belakang Anda.

Berpakaian rapi

Persiapkan pakaian rapi sejak dari rumah. Anda mesti mengenakan setelan formal. Pilihlah kemeja dan celana atau rok bahan yang biasa Anda gunakan untuk menghadiri sesi wawancara kerja. Namun, Anda harus memilih sepatu yang nyaman. Sebaiknya tidak memakai high heels, sebab Anda harus banyak berdiri dan mengantri di loket pendaftaran atau di stan perusahaan.

Datang lebih awal

Pencari kerja yang hadir di job fair bukan hanya Anda saja. Banyak orang yang berencana datang ke acara bursa kerja yang sama. Maka Anda harus datang lebih awal supaya tidak terjebak di tengah antrian peserta lainnya. Jadilah orang yang pertama-tama masuk ke dalam ruangan.

Tunjukkan antusiasme

Pada saat bertemu perwakilan perusahaan, Anda harus menunjukkan antusiasme. Mereka ingin melihat senyum Anda yang bersahabat. Setelah mendapat kesempatan untuk mengobrol dengan manajer perekrutan, Anda bisa mengajukan pertanyaan. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik bekerja di perusahaan tersebut.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next