Tips Sukses di Dunia e-Commerce Menurut Hadi Wenas | Qerja

Tips Sukses di Dunia e-Commerce Menurut Hadi Wenas

Qerja, 4 years ago
Tips Sukses di Dunia e-Commerce Menurut Hadi Wenas

Pengalaman Hadi Wenas memegang dan menyukseskan Zalora dan MatahariMall.com menjadikannya sosok inspirasional yang tepat untuk mendapatkan tips sukses menjalankan bisnis e-commerce. Apa saja nasihatnya untuk para entrepreneur muda?

Menurut Anda, apa yang dibutuhkan untuk bertahan dan sukses di industri startup digital?

Orang yang dinamik dan mau kerja.

Ada nasihat apa untuk orang yang mau menekuni bidang ini?

Jangan melakukannya karena startup sedang populer. Lakukanlah karena kamu ingin belajar sesuatu dengan lebih cepat dari yg lain. Kalau belum siap, lebih baik kamu bergabung dengan korporat, entah FMCG atau consulting. Kedua industri itu adalah pelatihan yang baik karena pergerakan mereka lebih cepat dibanding industri lain.

Anda pernah bekerja di korporasi besar dan di startup. Apa masing-masing kelebihan dan kekurangannya yang paling signifikan bagi Anda? Dan Anda lebih suka yang mana?

Saya lebih suka startup karena tidak ada aturan yang ketat dan pergerakannya cepat. Walau begitu, fitur yang baik dari korporat itu peraturan-peraturannya jelas, tidak seperti startup yang agak all over the place.

Ke mana Anda melihat arah pertumbuhannya startup digital selanjutnya?

Mungkin ada dua: e-commerce dan non e-commerce. e-Commerce itu intinya adalah trading business, tidak begitu berbeda dengan bisnis offline. Banyak yang berpikir e-commerce adalah technology business, padahal sebetulnya trading business. Ketika kamu ingin memulai e-commerce, kamu harus berpikir tentang produk apa yang ingin kamu jual, bukan semata teknologi apa yang akan kamu pakai. Masih banyak orang yang mementingkan segi teknologi. Semoga di masa depan makin banyak yang mengerti kalau e-commerce dasarnya adalah bisnis dagang dan kalau dagangannya bagus, e-commerce juga akan sukses.

Kalau non e-commerce, yang lagi ngetren itu model Uber, platform yang nggak own apa-apa, tapi hanya jadi connector. Itu lagi populer. Lalu bidang yang saya lihat akan ngetren adalah financial services dan healthcare.

Apakah Anda punya tips untuk generasi milenial yang cenderung cepat bosan?

Kebiasaan generasi milenial yang cepat bosan itu harus diperbaiki. Jangan baru setengah expert sudah keluar dari pekerjaan. Di segala hal yang kamu lakukan, besar atau kecil, kamu harus all out. Jadi kalau kamu melihat kembali, kamu tidak akan menyesali langkah-langkah kamu karena kamu sudah all out. Saya rasa generasi milenial biasanya suka pilih-pilih tingkat dedikasinya.

Tapi setelah all out, kamu harus ingat kalau nggak semua hal yang kamu lakukan akan sukses. All out, lalu let go kalau tidak sukses.

Kini banyak orang yang berbisnis e-commerce kecil-kecilan sebagai penghasilan tambahan atau bahkan sampai resign dari pekerjaannya untuk membangun usaha e-commerce dari rumah. Ada saran untuk mereka tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami