Tantangan Profesi: Pengacara Kasus Kopi Sianida Mirna | Qerja

Tantangan Profesi: Pengacara Kasus Kopi Sianida Mirna

Steffi Teowira, 4 years ago
Tantangan Profesi: Pengacara Kasus Kopi Sianida Mirna

Sebentar lagi salah satu kasus pidana yang menangkap perhatian publik, kasus kopi sianida, segera akan sampai ke bab penutup. Putusan hakim direncanakan dibacakan pekan depan.

Sepanjang pengadilan, tak hanya pernyataan dari saksi dan para ahli saja yang menarik perhatian para pengamat. Lika liku peradilan dalam ruang sidang menjadi perbincangan, begitu pula dengan perdebatan sengit antara pengacara Otto Hasibuan dan jaksa penuntut umum yang terus menggeser opini publik.

Tantangan yang dihadapi pengacara Jessica

Begitu terbelahnya pendapat masyarakat terkait kasus ini hingga keputusan Otto Hasibuan untuk membela Jessica sempat—dan masih—berganti-ganti menuai kecaman dan dukungan.

Dalam sebuah wawancara kepada Bintang.com, pengacara kelahiran Pematang Siantar ini masih ingat ketika baru mulai memegang kasus ini, ia mendapat banyak tekanan baik dari rekan sejawat, klien, teman, dan saudara. Teriakan dan cemooh di sidang saat ia bicara pun sering terdengar.

Baru-baru ini salah satu topik yang mencuat adalah mengenai klaim bahwa jasa Otto tidak dibayar sepeser uang pun oleh pihak keluarga Jessica. Sejak jaksa penuntut umum mempertanyakan perihal honor dalam pembacaan replik, para netizen pun turut berdiskusi.

Ada yang menyebut bahwa Otto Hasibuan yang memiliki firma hukum sendiri, Otto Hasibuan & Associates, dan telah berkarier selama beberapa dekade tarifnya biasa dipatok di nominal luar biasa. Karenanya, tidak sedikit yang mempertanyakan kebenaran fakta bahwa ia menganggap kasus Jessica sebagai kasus pro bono, yang artinya tanpa bayaran atau bayaran di bawah standar.

Ketika ditemui detik.com, Otto berujar bahwa soal pembayaran sebetulnya merupakan urusan pribadinya. Lebih lagi ia menuturkan bahwa pengacara juga memiliki prinsip-prinsip tertentu dan sebagai pengawal konstitusi, tidak selamanya pengacara menuntut uang sebagai bayaran.

Kepada Bintang.com, ia mengaku suka rela dan menganggap kasus Jessica sebagai proyek kemanusiaan. Perihal saksi ahli yang didatangkan dari luar negeri, Otto mengungkap honor mereka diurus keluarga tersangka Jessica.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next